get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Sampah Kiriman Rusak Keindahan Pantai Pangandaran

6 Mitos Pantai Pangandaran yang Melegenda: Tumbal Nyi Roro Kidul hingga Larangan Pakai Baju Hijau

Kamis, 23 Februari 2023 | 17:40 WIB
header img
Mitos Pantai Pangandaran yang melegenda, tumbal Nyi Roro Kidul hingga larangan pakai baju hijau. Foto: kolase

3. Tumbal Nyi Roro Kidul

Setelah menjadi ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul disebut berjanji akan menghabisi Raja Padjajaran dan keturunanya.

Hingga kemudian, banyak orang-orang Bandung tenggelam di Pantai Pangandaran hingga pantai selatan. Bahkan ada yang jasadnya tak ditemukan.

Disebut-sebut, orang Bandung yang tewas tenggelam itu dijadikan sebagai tumbal Nyi Roro Kidul. Itu lantaran dendam membaranya kepada Raja Padjajaran.

4. Larangan pakai baju hijau


Mitos Pantai Pangandaran yang meleenda, salah satunya larangan pakai baju hijau. Foto: iNews,id

Mitos berikutnya soal Pantai Pangandaran adalah larangan mengenakan baju warna hijau. Konon, mereka yang mengenakan pakaian hijau, bisa hanyut ditelan ombak karena diculik Nyi Roro Kidul.

Mitos ini sangat melekat kuat dan masih melegenda sampai saat ini. Namun, rupanya ada alasan logis mengenai larangan baju hijau tak boleh digunakan saat berkunjung ke pantai.

Dalam tinjauan ilmu pengetahuan atau sains, larangan memakai baju warna hijau saat berkunjung ke pantai bisa dijelaskan secara logis. Peneliti madya Bidang Oseanografi Terapan Pusat Riset Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan Widodo Pranowo memaparkan, baju berwarna hijau akan menyatu dengan warna air laut, sehingga akan lebih sulit dicari dibanding baju berwarna cerah seperti jingga atau merah muda.

Jadi, jika ada orang yang terbawa ombak di lautan, kemudian hilang karena susah ditemukan, itu bukan kesalahan Nyi Roro Kidul yang kerap dijadikan kambing hitam.

Menurut WIidodo, pengunjung tidak memahami kondisi alam sekitar pantai selatan Jawa. Kendati air laut tampak berwarna biru, dasar laut justru terdiri dari berbagai macam benda, seperti pasir, karang, dan rumput laut. Sehingga ketika erpapar sinar matahari, warna air laut pun jadi terlihat keruh, bahkan sedikit kehijauan.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut