get app
inews
Aa Read Next : WO di Pangandaran Inisiasi Sosialisasi di Tempat Nongkrong, Tentang Bahaya HIV/AIDS dan Sex Bebas

Sapu Injuk Produksi Emak-emak di Pangandaran Tembus Pasar Luar Negeri

Selasa, 10 Januari 2023 | 22:51 WIB
header img
Ida Nurlaela Wiradinata melihat hasil produksi sapu injuk emak-emak. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Berawal dari keinginan untuk berdayakan emak-emak, Yayasan Hade yang berdiri di Dusun Bantarloa Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, ciptakan lapangan pekerjaan memproduksi sapu berbahan dasar injuk dan produk nya tembus mancanegara.

Nampak, setiap harinya emak- emak ini disibukan dengan merangkai injuk yang sudah di pilah untuk dijadikan sapu, dan emak-emak ini melakukannya setelah pekerjaan rumah mereka selesai, sembari menunggu anak yang sedang sekolah.

Ai Saltika pembina di kelompok sapu injuk ini mengatakan, yang tergabung di Yayasan Hade ini ada sekitar 45 ibu - ibu rumah tangga dan belasan pemuda. Kenapa kami lebih memberdayakan ibu-ibu, kata Ai, karena disini mayoritas petani jadi kalau tidak sedang mengolah sawah mereka menganggur, jadi tidak ada salahnya membuka lapangan kerja guna mengisi waktu yang kosong para ibu-ibu ini.

"Kami bersyukur meskipun tidak semua terakomodir setidaknya bisa sedikit terberdayakan dan membantu untuk kebutuhan dapur," ucapnya saat di temui di lokasi pembuatan sapu injuk.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut