Launching Sentra Gakkumdu, Ketua Bawaslu Pangandaran: Tantangan Besar Dalam Pemilihan, Politik Uang

Eris Riswana
Bawaslu Kabupaten Pangandaran telah meluncurkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

"Ini sangat penting dan perlu di sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat. Money politics atau politik uang ini menjadi PR besar kita bersama, karena kalau melihat dari hasil survei itu Indonesia urutan ketiga. Yang pertama Thailand, kedua Filipina, kemudian yang ketiga Indonesia," kata Iwan.

Yang pastinya hal tersebut menjadi PR bersama, kata Iwan, tidak hanya Bawaslu saja, karena Politik uang ini sangat berbahaya.

"Jadi bagaimana kita bisa mengantisipasi yang namanya Politik uang. Pertama yang dikhawatirkan ketika politik uang ini terjadi, maka pemimpin yang jadi siapapun itu, dianggap selesai dengan sudah terjadinya politik uang transaksi dengan masyarakat ketika dalam proses kampanye," tuturnya.

Iwan pun sangat khawatir jika politik uang terjadi, "Kalau terjadi adanya politik uang, sehingga calon siapapun yang menang tidak lagi memikirkan masyarakat, itu yang paling bahaya," ujarnya.

"Tidak menutup kemungkinan jadi embrio juga untuk korupsi, karena terlalu banyak atau terlalu besar biaya yang dikeluarkan, ketika politik uang itu terjadi. Maka ini menjadi PR kita semua, untuk bagaimana kita bisa memberantas politik uang," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network