get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

20 Tempat Wisata di Pangandaran, Cocok Jadi Referensi Liburan Akhir Tahun

Senin, 18 Desember 2023 | 14:22 WIB
header img
Obyek wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh, kini terkenal dengan nama Green Canyon. Foto: Ist

11. Green Santirah 

Para pecinta body rafting, wajib mencoba wisata satu ini. Wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Santirah menggunakan river tubing atau body rafting selama dua jam. 

Sepanjang rute, wisatawan bisa menyaksikan keindahan bebatuan alam, keindahan air terjun, hingga menyusuri lorong goa. Lokasinya berada di  Karangmukti, Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

12. Pantai Batu Hiu 

Pantai Batu Hiu kerap dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat, karena memiliki batu karang yang menjorok ke tengah laut seperti Tanah Lot, Bali. Nama Batu Hiu berasal dari keberadaan batu karang di tengah laut yang bentuknya menyerupai hiu.

Destinasi wisata alam ini menawarkan keindahan laut lepas Samudra Hindia dari bukit karang. Selain itu, ada hamparan rumput hijau serta vegetasi Pandan Wong yang memberikan nuansa teduh. Lokasi Pantai Batu Hiu berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

13. Jebulan 

Jebulan Cigugur berlokasi di Cigugur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ini merupakan aliran sungai dengan air kehijauan yang jernih. Untuk bisa menikmati indahnya alam Jebulan, kamu harus siap sedia untuk menghadapi perjalanan yang menantang adrenalin dan menguji nyali dengan arus yang deras dan medan yang cukup terjal serta curam.

14. Pantai Pangelek 

Adapun daya tarik Pantai Pangelek adalah pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam. Selain itu, ombak di pantai ini  tidak begitu besar sehingga aman bagi wisatawan untuk bermain di tepian.

Pantai Pangelek memiliki kawasan pantai yang cukup luas sehingga wisatawan dapat bermain di pantai dengan leluasa. Lokasinya berada di Batu Karas. Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

15. Pantai Lembah Putri 

Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Pantai Lembah Putri dari atas bukit dengan menaiki tangga. Bukit yang biasa disebut miniatur tembok China itu, menjadi  salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.

Wisatawan juga bisa melihat sebuah goa di sekitar pantai, yakni Goa Ronggeng. Lokasinya berada di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

16. Batu Lumpang Garden 

Batu Lumpang Garden masih terbilang destinasi wisata Pangandaran yang baru. Lokasi Batu Lumpang Garden cukup mudah diakses. Pengunjung sudah dapat memasuki area ini dengan berjalan kaki.

Berlokasi di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu, Batu Lumpang Garden atau Grand Cliff, Batu Lumpang Garden masuk dalam tujuan wisata yang banyak diincar pengunjung. Wisata ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu terdapatnya batuan kapur yang menghampar di sekitarnya.

17. Pantai Karapyak 

Pantai ini dijuluki sebagai Paradise Beach karena menawarkan pemandangan indah nan eksotis. Lokasinya berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Daya tarik Pantai Karapyak adalah  hamparan pasir putih dipadu dengan bebatuan karang di sepanjang garis pantainya. Ada banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan seperti berkemah, memancing, outbond, kuliner dan fotografi.

18. Pantai Keusik Luhur 

Pantai yang satu ini terkenal dengan deburan ombak besar. Wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit. Daya tarik Pantai Keusik Luhur adalah pemandangan deburan ombak yang menerjang batu karang. 

Sekitar pantai dikelilingi dengan bukit karang yang melengkung sehingga cocok untuk spot foto. Lokasinya berada di Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

19. Pantai Bojong Salawe 

Pantai Bojong Salawe berada diantara Pantai Batu Hiu dan Pantai Batu Karas, hanya dipisahkan oleh muara Sungai Bojongsalawe. Tepatnya di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Muara tersebut dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk mencari ikan. Oleh sebab itu, wisatawan bisa berburu ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dekat Pantai Bojong Salawe. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga pengunjung dilarang berenang.

20. Aquarium Indonesia 

Kabupaten Pangandaran memiliki obyek wisata akuarium raksasa, yakni Aquarium Indonesia Pangandaran. Lokasinya berada di Kecamatan Babakan, Kabupaten Pangandaran. 

Selain menyaksikan ikan di balik kolam cekung yang membentang sepanjang 47 meter, pengunjung juga bisa menyentuh biota laut secara langsung hingga belajar sejarah kekayaan Nusantara.

Demikianlah berbagai tempat wisata di Pangandaran yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga atau orang tercinta di libur akhir tahun ini.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut