get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

20 Tempat Wisata di Pangandaran, Cocok Jadi Referensi Liburan Akhir Tahun

Senin, 18 Desember 2023 | 14:22 WIB
header img
Obyek wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh, kini terkenal dengan nama Green Canyon. Foto: Ist

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Tempat wisata di Pangandaran selalu menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Aksesnya yang mudah, biaya yang murah, ditambah dengan pesona alam yang indah membuat wisatawan tidak bosan mengunjungi tempat wisata di Pangandaran. 

Keindahan wisata di Pangandaran sudah terkenal hingga ke mancanegara. Meskipun merupakan wilayah pemekaran, namun keindahan tempat wisata di Kabupaten Pangandaran bisa disandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran 

1. Pantai Pangandaran 

Pantai Pangandaran merupakan ikon wisata Pangandaran, sekaligus salah satu objek wisata primadona di Provinsi Jawa Barat. Lokasi Pantai Pangandaran berada di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini terkenal karena keindahan pasir hitam dan pasir putihnya dan berada di sekitar area Cagar Alam Pananjung. Pantai yang pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat ini juga banyak disebut sebagai salah satu pantai tercantik di Pulau Jawa.

2. Green Canyon 

Tempat wisata di Pangandaran lainnya adalah Green Canyon. Obyek wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh ini berupa aliran sungai yang diapit oleh dua buah bukit bebatuan yang menembus gua.

Daya tarik Green Canyon adalah keberadaan jembatan tanah dengan lebar tiga meter yang terbentuk secara alamiah, serta menghubungkan kedua tebing sungai. Lokasi Green Canyon Pangandaran berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

3. Curug Citumang 

Air terjun yang membelah hutan ini masih belum banyak diketahui wisatawan. Hal ini karena lokasinya yang cukup terpencil dan susah dijangkau. Terletak di bagian barat Desa Bojong, Pangandaran, Curug Citumang ini  merupakan tempat wisata yang hits dan recomended banget. 

Di sana kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti berenang, berendam, body rafting, atau sekedar bersantai menikmati indahnya suara percikan air.

4. Curug Jambe Anom 

Berada di kawasan Purbahayu, Pangandaran, curug ini masih bagian dari daerah Ciamis. Meskipun tempat wisata yang satu ini belum banyak diekspos, tapi Curug Jambe Anom sudah kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan dan pesona Curug Jambe Anom sambil bersantai atau pun bermain air bersama teman juga keluarga. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang butuh ketenangan dan ingin bersatu dengan alam.

5. Pantai Barat 

Daya tarik Pantai Barat yaitu hamparan pasir putih yang membentang luas. Selain itu, ombaknya tidak begitu besar sehingga aman bagi wisatawan. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain boogie, menikmati sunset, menyewa sepeda dan ATV, surfing atau hanya sekedar melepas lelah.

Pada malam hari, wisatawan bisa menyewa odong-odong untuk berkeliling kawasan wisata. Lokasi Pantai Barat berada di Jalan Pamugaran Bulak Laut, Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut