get app
inews
Aa Read Next : Arus Balik Wisata Pangandaran Padat, Polisi Lakukan Pemenggalan Jalur

Antisipasi Kemacetan Nataru, Satlantas Polres Pangandaran Siapkan Pola Rekayasa Lalulintas

Jum'at, 15 Desember 2023 | 00:31 WIB
header img
Antisipasi Kemacetan Nataru, Satlantas Polres Pangandaran Siapkan Pola Rekayasa Lalulintas. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Ist)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Satuan lalulintas Polres Pangandaran Polda Jawa Barat siapkan pola rekayasa lalulintas untuk mengatasi kemacetan. Salah satunya akan memberlakukan sistem one way dengan tiga penggal.

Seperti yang kita ketahui, setiap libur Nataru sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran selalu dipadati wisatawan dari berbagai daerah terutama objek wisata pantai Pangandaran. Dan Rekayasa Lalulintas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Kasat Lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha mengatakan, di saat wisatawan membludak akan dilakukan rekayasa lalulintas di dalam obyek wisata atau pun di jalur arteri menuju Obwis.

Menurutnya, pertigaan Pancimas Kalipucang menjadi titik berkumpulnya atau pertemuan kendaraan dari Jawa barat dan jawa tengah.

"Pertigaan Pancimas itu sebagai kunci atau kran, lancar dan padatnya lalulintas menuju obwis atau di dalam obwis," ucapnya.

"Kecuali di saat arus balik atau cek out, itu yang menjadi permasalahannya," tambahnya.

Biasanya kepadatan terjadi di jalur alteri atau jalan Nasional Pangandaran Kalipucang, kata AKP Asep, itu berada di RM karya bahari dengan keluar masuknya kendaraan. Pihaknya pun akan melakukan pengaturan hingga kendaraan tidak tersendat dan juga tidak mengganggu usaha warga.

"Mereka pengusaha yang notabene setahun sekali mendapatkan untung gede, kita akan mendukung mereka biar perekonomian nya bagus. Kita akan lakukan one way sepenggal dari mulai bunderan marlin sampai dengan SPBU Tunggilis," ujarnya.

Dan itu ada 3 penggal. Bila seandainya terjadi kepadatan pihaknya akan melakukan CB rekayasa One way (Satu arah).

Bila cek out antara pukul 11.00 wib sampai pukul 14.00 wib arus dari bundaran marlin sampai pertigaan Cikidang Babakan atau penggal pertama akan dilakukan satu arah, dan arus yang dari Putrapinggan akan di arahkan ke pelabuhan cikidang babakan.

"Jadi arus yang dari marlin sampai cikidang itu di lakukan one way atau satu arah, untuk menguras atau tidak terjadinya penumpukan di lokasi obwis pantai Pangandaran,"jelas AKP Asep.

Setelah itu, dilakukan pengurasan yang dari arah marlin menuju Cikidang yang nantinya akan terjadi penumpukan dari mulai Putrapinggan sampai bunderan Emplak Masjid Al Jabar Kalipucang.

"Itu pasti terjadi karena diberlakukan satu arah, itu sudah alami terjadi seperti itu,"ujarnya.

Namun, setelah adanya penumpukan dari Putrapinggan sampai bunderan Emplak masjid aljabar itu akan dilakukan rekayasa penggal ke 2, dengan melakukan penutupan arus kendaran yang dari arah Kalipucang dengan dilakukan pemendingan.

"Jadi untuk roda dua di parkirkan di lapangan parkir, dan untuk mobil stndby di jalan, hingga di buka kembali,"ungkapnya.

Jadi arus yang mulai dari Putrapinggan sampai bundaran Emplak kita satu arahkan.

"Itu belum selesai dan akan terjadi penumpukan di pertigaan Pancimas Kalipucang karena terjadi perlambatan kendaraan yang hendak masuk ke wilayah Jawa tengah,"Ujarnya.

Dan untuk penggal ke 3 akan dilakukan di SPBU Tunggilis.

Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat, perlu diketahui disaat terjadi penumpukan kendaran itu akan di lakukan rekayasa lalulintas dari mulai jam 11.00 wib hingga sore hari, dan akan dilakukan one way.

"Jadi harap bersabar dan mengerti demi kelancaran bersama,biasanya mulainya terjadi kepadatan 3 hari sebelum Natal atau Tahun baru," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut