get app
inews
Aa Read Next : KKNM Unpad Gelar Donor Darah di Desa Babakan, Asep Noordin: Ini Motivasi Bagi Masyarakat

Dengan Meningkatkan Peran Masyarakat, Unpad Dukung Pengembangan Geopark di Pangandaran

Jum'at, 28 Juli 2023 | 18:25 WIB
header img
Green Canyon Cijulang Pangandaran. ( Foto:Istimewa/Nadia Lutfiputri)

Keberadaan obyek geowisata ini menjadi cikal bakal penyusunan calon geopark nasional di Pangandaran. Jika pengusulan ini berhasil, maka geopark Pangandaran untuk selanjutnya akan masuk ke dalam jajaran jaringan geopark global di Unesco.

Prof. Nana menjelaskan, hadirnya Unpad di Pangandaran adalah untuk memperkuat proses pengusulan geopark Pangandaran ke tingkat nasional.

“Jadi peran masyarakat dalam pengusulan ini menjadi amat penting, karena pengusulan ini bersifat aspiratif dari bawah ke atas (bottom up), sehingga kehadiran perguruan tinggi menjadi peran sentral untuk mendampingi masyarakat dan pemerintah daerah,” kata Prof. Nana.

Keberhasilan dari sebuah geopark akan dicapai jika masyarakat setempat turut aktif berpartisipasi. Ini disebabkan, inisiatif pembentukan geopark harus datang dari pemerintah maupun masyarakat setempat.

“Mereka harus memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan dan menerapkan rencana pengelolaan secara simultan. Dimaksudkan agar kebutuhan masyarakat dan ekonomi setempat tetap terpenuhi, sementara upaya perlindungan situs-situs warisan geologi dan non geologi di kawasan mereka tinggal juga harus terus dikembangkan,” ujarnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut