get app
inews
Aa Read Next : KKNM Unpad Gelar Donor Darah di Desa Babakan, Asep Noordin: Ini Motivasi Bagi Masyarakat

Dengan Meningkatkan Peran Masyarakat, Unpad Dukung Pengembangan Geopark di Pangandaran

Jum'at, 28 Juli 2023 | 18:25 WIB
header img
Green Canyon Cijulang Pangandaran. ( Foto:Istimewa/Nadia Lutfiputri)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Universitas Padjadjaran mendukung pengusulan geopark di Pangandaran dengan melakukan berbagai program, salah satunya meningkatkan peran masyarakat. Hal itu dilakukan Tim Kelompok Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Padjadjaran kelompok 120 di Desa Batukaras, Cijulang, Pangandaran.

Dengan Dosen Pembimbing Lapangan Prof. Dr. Ir. Nana Sulaksana, M.SP., dukungan yang diberikan berupa peningkatan peran masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, peran masyarakat dalam proses pengusulan geopark ini sangat penting.

Partisipasi aktif masyarakat, baik dalam mendukung pengusulan maupun menjadi bagian dalam mengenalkan potensi geowisata di Pangandaran sangat dibutuhkan.

Untuk itu Tim KKNM Unpad melakukan pelatihan bagi pemandu geowisata di kawasan Batukaras, pada 18 – 19 Juli 2023 lalu. Sebelum melakukan pelatihan, mahasiswa KKNM terlebih dahulu melakukan inventarisasi berbagai obyek geowisata yang ada di Pangandaran.

Berdasarkan dari inventarisasi tersebut, Desa Batukaras memiliki dua obyek geowisata potensial, yaitu Pantai Legok Pari dan Cukang Taneuh atau Green Canyon. Tim juga berhasil mengumpulkan data mengenai potensi ekonomi hingga kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Batukaras.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut