get app
inews
Aa Read Next : Artis Rocker Ternyata Keturunan Nabi Muhammad, Nikahi Gadis Beda Usia 37 Tahun Seumuran Anak Sendiri

Sosok 3 Generasi Artis Keturunan Nabi Muhammad, Mulai dari Kakek Ayah hingga Anak

Kamis, 27 Juli 2023 | 15:07 WIB
header img
3 generasi artis keturunan Nabi Muhammad. Foto: kolase

JAKARTA, iNewsPangandaran.id - Jarang terjadi, sosok 3 generasi artis berturut-turut menjadi keturunan Nabi Muhammad. Mulai dari kakek, ayah hingga anak.

Menjadi keturunan Nabi Muhammad SAW adalah hal istimewa bagi umat Muslim. Keturunan Rasulullah ini biasanya akan memiliki marga khusus. 

Di Indonesia terdapat 68 marga dan lima marga terbanyak keturunan Nabi Muhammad di antaranya Al-Attas, Al-Haddad, Assegaf, Alaydrus, Al-Habsyi. Ada juga marga Al-Jufri, Shihab, Shahab dan lainnya.

Namun, hanya ada satu keluarga 3 generasi artis yang menjadi keturunan Nabi Muhammad, mereka adalah keluarga Bing Slamet. Simak penjelasannya.

3 Generasi Artis Keturunan Nabi Muhammad

1. Bing Slamet


Bing Slamet, 3 generasi artis keturunan Nabi Muhammad. Foto: Wiki

Generasi artis pertama yang jadi keturunan Nabi Muhammad ditempati oleh artis lawas Bing Slamet. Nama aslinya asalah Ahmad Syech Albar lahir pada 27 September 1927.

Pada usia 12 tahun, Bing Slamet telah ikut mendukung Orkes Terang Bulan. Kemudian, ia melebarkan sayap menjadi penyiar radio di RRI dan Radio Perjuangan Jawa Barat di tahun 1940-an. Selain jadi penyiar, Bing Slamet juga pandai menyanyi hingga sudah memiliki berbagai lagu dan album.

Sejak tahun 1950-an, Bing Slamet lantas tampil di layar kaca dengan menjadi aktor.  Beberapa film telah dibintanginya, seperti Tiga Buronan (1957) dan Bing Slamet Setan Djalanan (1972) dan lain-lain.  Setidaknya ada 20 film layar lebar yang dibintanginya, mulai dari era film hitam putih hingga berwarna.

Pada tahun 1963, Bing Slamet membentuk sebuah grup musik yang diberi nama Eka Sapta bersama Idris Sardi, Lodewijk Ireng Maulana dan lainnya. Selain grup musik, Bing Slamet juga membentuk grup lawak diantaranya Trio Los Gilos, Trio SAE, EBI.

Namun namanya makin bersinar usai membentuk Kwartet Jaya bersama Ateng, Iskak, dan Eddy Soed. Ia bahkan dijuluki maestro lawak Indonesia.

Bing Slamet meninggal pada 17 Desember 1974 setelah berjuang melawan penyakit liver yang dideritanya selama 7 bulan. Ia wafat dalam usia 47 tahun.

Bing Slamet yang menikahi Ratna Komala Furi dikaruniai 8 anak. Tiga dari anaknya inilah kemudian mengikuti jejaknya menjadi artis.

Tiga anak Bing Slamet yang menjadi artis diantaranya ada Adi Bing Slamet (Ferdinand Syah Albar), Uci Bing Slamet (Ratna Lusiana Albar) dan Iyuth Bing Slamet (Ratna Fairuz Albar).

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut