Peduli Kebersihan Pantai, Tim KKNM Unpad Beri Edukasi kepada Wisatawan Pangandaran

Irfan ramdiansyah
Pantai Barat Pangandaran. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Irfan ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Tim KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) Universitas Padjadjaran (UNPAD) kelompok 77 melakukan edukasi kepada wisatawan dan juga pengelola wisata yang ada di kawasan Pantai Barat Pangandaran Jawa barat.

Edukasi ini dilakukan sebagai bagian dari aksi peduli kebersihan pantai di kawasan pantai Pangandaran, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Donny Nurhamsyah.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan wisatawan dan para pengelola wisata yang berada di kawasan tersebut.

Kelompok ini mengambil tema “Optimalisasi Keselamatan Wisatawan dan Pengelola Wisata di Pantai Kabupaten Pangandaran Berbasis Sistem Informasi Geografis Terkait Keperawatan Pariwisata”.

“Tema ini diambil sebagai wujud pedulinya Unpad untuk meminimalisir kecelakaan yang dialami oleh wisatawan juga untuk meningkatkan kewaspadaan pengelola wisata agar terus memberikan pelayanan kepada wisatawan dengan memperhatikan aspek keselamatan,” kata Donny.

Kegiatan edukasi ini diantaranya pembagian pamflet yang merupakan implementasi dari hasil survei sebelumnya terkait penerapan keselamatan di Pantai Pangandaran.

Willy Andro Denelsen Tamba ketua kelompok 77 KKNM Unpad mengatakan, kegiatan ini memberikan pembelajaran dan pengalaman bagaimana melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan pihak terkait untuk mendukung kegiatan edukasi tersebut.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Selain edukasi dan bersih-bersih pantai, tim juga melakukan kajian pengembangan prototipe sistem informasi geografis untuk pengelolaan wisata di Pangandaran.

Saat ini prototipe sedang dikembangkan dengan terus melakukan studi banding kepada produk-produk sejenis yang pernah dikembangkan dalam aspek lain.

Donny sebagai dosen Keperawatan PSDKU Unpad Pangandaran berharap, sistem informasi geografis yang coba dikembangkan ini dapat meningkatkan kolaborasi antara institusi pendidikan, institusi pemerintah terkait, dan pengelola wisata.

"Sehingga dapat menjadi upaya preventif bagi keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran," Pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network