Pengamanan Jalur Menuju Obyek Wisata Pangandaran Jelang Nataru Libatkan Linmas

Eris Riswana
Linmas dilibatkan untuk pengamanan jalur menuju objek wisata ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN , iNews.id - Dalam rangka kesiapan pengamanan jalur menuju objek wisata pantai Pangandaran Jawa barat, jelang Natal dan Tahun baru bukan hanya dari unsur TNI/POLRI dan Kepemerintahan saja yang dilibatkan, unsur Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pun di siagakan di beberapa titik menuju lokasi wisata Pangandaran.

Dari pantauan, menjelang Nataru apel gabungan yang melibatkan unsur Muspika, kesehatan dan sejumlah Linmas dari berbagai Desa se_Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran digelar.

Bangi Camat Kalipucang mengatakan, bahwa dengan melibatkan Satuan Perlindungan Masyarakat atau sering kita sebut dengan Satlitmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas atau Hansip guna ikut serta dalam pengaturan Lalulintas di jalur obyek wisata Pangandaran, khususnya wilayah kalipucang, pihaknya ingin membuktikan bahwa Linmas berkontribusi terhadap pengamanan di Natal dan Tahun Baru.

"Kita buktikan dari mulai hari ini Jumat 23 Desember 2022 dengan di awali apel gabungan hingga puncak Natal dan Tahun Baru nanti," ujarnya.

Menurutnya, ada puluhan Linmas yang di ikut sertakan dalam kegiatan pengamanan tersebut, itu perwakilan dari masing-masing desa se-Kecamatan Kalipucang.

"Dalam setiap harinya akan disiapkan dari Linmas untuk bergabung dengan unsur lainnya ada 8 linmas dan tersebar di beberapa titik," ujar Bangi.

Untuk persiapannya kami lakukan dengan pembekalan - pembekalan biar para linmas selalu semangat, punya nilai juang, kita buktikan bahwa linmas kami ini linmas yang bertanggung jawab.

"Kenapa kami libatkan linmas, agar mereka bisa bersatu, bersilaturami dengan pihak Kepemerintahan, TNI/POLRI juga pihak kesehatan dan stakeholder lainnya,"ucapnya.

Di lokasi yang sama Iptu Iman Sudirman selaku Kapolsek Kalipucang pun mengatakan, bahwa pihaknya melibatkan Linmas dalam Apel tersebut dengan unsur lainnya, TNI/POLRI Dishub dan unsur kepemerintahan juga Puskesmas setempat guna membantu di lokasi jalur ke lokasi Wisata Pangandaran.

"Kami ikut sertakan untuk membantu, demi lancarnya arus lalulintas pada saat Nataru," jelas Iman.

Dan untuk penempatannya, kata Iptu iman, ada beberapa titik di antaranya di lokasi Pos pertigaan Pancimas, lokasi jalan amblas Dusun Empang sari warung bungur, dan di lokasi desanya masing - masing jalur menuju lokasi wisata Pangandaran.

"Yang biasanya di tahun-tahun sebelumnya penempatan pos penjagaan di lokasi bunderan emplak kini di geser ke lokasi jalan amblas, karena adanya penyempitan jalan yang di akibatkan sebagian jalan amblas beberapa bulan kebelakang yang belum kunjung di perbaiki," jelasnya.

Maka dari itu kami lakukan rekayasa penegakan dan pengaturan lalu lintas (Gatur) dengan di lakukan buka tutup arus di lokasi jalan amblas tersebut karena hanya satu jalur yang bisa di lewati.

"dari jalur Banjar ke Pangandaran dan sebaliknya dari Pangandaran ke banjar,"ujarnya.

Kalau seandainya mengalami troble kemacetan yang signifikan di penghujung Natal dan Tahun baru akan di arahkan ke beberapa jalan alternatif yang bisa di lalui namun khusus kendaraan motor dan mobil kecil saja.

"Kalau dari arah Banjar menuju Pangandaran bisa di lewatkan ke arah Pamotan dan keluar dari Desa Bagolo Karapyak keluar di bunderan Emplak,"ucapnya.

Selain itu, untuk yang dari arah Pangandaran menuju Banjar bisa di arahkan menuju karang tawang Desa Emplak dan keluar di Desa Cibuluh.

Berharap, tambah Iptu Iman, di Natal dan Tahun baru sekarang bisa aman-aman saja tidak ada troble yang luar biasa, pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network