get app
inews
Aa Read Next : 10 Cafe di Pangandaran yang Cocok Jadi Tempat Nongkrong Tahun Baru

Tips Berkendara saat Libur Nataru, Manfaatkan Waktu Ideal Nyetir dan Hindari Microsleep

Jum'at, 15 Desember 2023 | 08:15 WIB
header img
Ilustrasi ngantuk saat nyetir mobil. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id – Tips berkendara saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Biasanya, momen libur Nataru 2023 dan 2024 dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk tamasya atau pulang ke kampung halaman. 

Mobil menjadi andalan untuk bepergian, tapi pengendara wajib mengetahui waktu ideal berkendara dan wajib menghindari microsleep (hilang kesadaraan karena ngantuk).

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) menjelaskan waktu mengendarai mobil yang ideal adalah selama 3 (tiga) jam. Menurutnya, jika melebihi waktu tersebut maka akan meningkatkan risiko kecelakaan. 

“Idealnya itu 3 jam. Jadi pada satu jam pertama menyetir itu konsentrasi kita berkurang 25 persen, dua jam berikutnya berkurang lagi 25 persen, dan pada jam ketiga berkurang lagi 25 persen. Sangat berbahaya jika melanjutkan perjalanan,” kata Sony kepada iNews.id. 

Sony menjelaskan bahwa tanda-tanda pengemudi sudah kekurangan konsentrasinya adalah kecepatan yang tidak teratur dan kendaraan yang kerap keluar jalur. 

Ia menegaskan meski fisik terlihat bugar, tapi konsentrasi sudah sangat menurun dan tubuh bisa dikendalikan alam bawah sadar. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut