get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

Oleh-Oleh Khas Pangandaran: Unik dan Eksentrik, Dijamin Gak Nyesel Ngeborong

Kamis, 14 Desember 2023 | 20:32 WIB
header img
Oleh-Oleh khas Pangandaran: unik dan eksentrik, dijamin gak yyesel ngeborong. Foto: Ist

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Oleh-oleh khas Pangandaran. Pangandaran adalah Kabupaten di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan wisata lautnnya. 

Namun, tidak hanya wisatanya saja, kamu bisa mencoba beragam oleh-oleh khas Pangandaran yang memiliki cita rasa yang unik, yang pasti cocok untuk jadi cemilan dan oleh-oleh untuk keluarga ataupun teman.

Oleh-oleh Khas Pangandaran

Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin ini berasal dari Ikan manyung, merupakan ikan laut yang biasa diolah sebagai ikan asin khas dari Pangandaran yang biasa disebut dengan ikan asin jambal roti.

Noga Kelapa Aroma Jahe

Noga Kelapa adalah jajanan yang cukup terkenal bagi masyarakat Indonesia terkhusus orang Sunda yang terdiri dari kelapa muda, wijen dan gula pasir.

Keripik Cau

Keripik Cau berbahan dasar pisang kepok khas Pangandaran yang memiliki kualitas terbaik. Pisang diiris tipis memanjang dilumuri dengan bumbu tertentu untuk menambah cita rasa yang sedap dari pisang.

Petai

Petai Pangandaran memiliki perbedaan dengan petai pada umumnya yaitu rasa pada petai yang justru cenderung manis dan tidak menimbulkan bau mulut.

Sale Pisang Pangandaran

Sale Pisang adalah makanan yang berbahan dasar Pisang Pangandaran memiliki keunikan di rasa manisnya, karena itu pisang menjadi makanan populer di tempat ini.

Udang Kering

Udang yang diolah kering adalah salah satu ciri khas makanan di Pangandaran dan sangat pupoler untuk dijadikan cemilan di rumah.

Gula Merah

Pangandaran juga menjadi daerah yang menghasilkan Gula Merah sebagai produk pertaniannya, maka dari itu olahan dari pohon aren ini juga menjadi produk oleh-oleh khas Pangandaran.

Kepiting Soka Krispi

Di Pangandaran olahan kepiting yang populer adalah kepiting soka krispi, rasanya yang enak dan cocok untuk dinikmati saat sedang bersantai di pantai ataupun dibawa pulang.

Noga Suuk

Noga Suuk di Pangandaran tidak hanya identik dengan kelapa saja, namun masyarakat Pangandaran juga memiliki olahan makanan sendiri yang terbuat dari kacang tanah atau yang biasa disebut Suuk.

Jika kamu penasaran rasa dari olahan makanan ini, kamu dapat membelinya di sentra oleh-oleh yang berada di seluruh wilayah Pangandaran.

Opak / Rengginang

Opak atau rengginang adalah jenis kerupuk yang merupakan salah satu cemilan populer di Jawa Barat, termasuk Pangandaran. Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh setelah selesai berwisata.

Sawo

Selain kelapa dan petai, di Pangandaran juga banyak pohon sawo. Buah ini sangat mudah dijumpai di wilayah pemekaran Pagandaran ini.

Ikan Teri

Ikan teri adalah ikan kecil yang biasanya diolah menjadi lauk saat makan, Ikan kecil yang satu ini banyak ditemukan di laut Pangandaran.

Kaos Pantai

Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya, juka ada berkunjung jangan lupa untuk membeli kaos pantai setempat dan jadikan sebagai oleh-oleh sekaligus kenang-kenangan.

Cumi-cumi

Tidak hanya ikan dan udang, produk khas pangandaran yang lain adalah cumi-cumi. Oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dengan segar yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat.

Kerajinan Kerang

Pangandaran yang terkenal dengan lautnya, juga terkenal dengan kerajinan kriya nya yang berasal dari bahan laut seperti kerang. Kerajinan kerang Pangandaran ini cukup terkenal dengan menghasilkan aksesoris seperti seperti kalung, hiasan meja, bahkan pigura yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Nah, itu dia Oleh-oleh Khas Pangandaran, jadi kapan mau berlibur ke Pangandaran dan borong oleh-olehnya?

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut