get app
inews
Aa Read Next : Munggahan Ala TNI POLRI Bersih - bersih Sungai, Bersih Hatiku Bersih Sungaiku

Warga Cikangkung : Kami Rindu Jernihnya Air Sungai Citonjong Dulu

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 23:50 WIB
header img
Warga lakukan bersih bersih sungai Citonjong. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Irfan ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Kondisi sungai Citonjong di Dusun Cikangkung Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran kini memang sangat berbeda, Jika dulu warga sekitar masih bisa meluangkan waktu untuk berenang menikmati jernihnya aliran sungai atau mencari ikan dengan alat tradisional (Jodang).

Namun tampaknya semua itu kini hanya tinggal kenangan. Pasalnya, sungai yang melalui 4 desa dan dua Kecamatan ini kini sudah dipenuhi sampah dan kotor.

Dengan kondisi air yang terkadang berwarna hitam pekat dan bau, masyarakat sudah tidak bisa memanfaatkan air sungai Citonjong seperti dulu lagi.

Rasa rindu akan jernihnya air sungai Citonjong pun kian menggebu, hingga mendorong ratusan warga di Dusun Cikangkung Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran ini ingin mewujudkannya.

Dan tanpa di komando dengan kerinduan yang sama, warga pun kompak menuju sungai Citonjong untuk melakukan aksi jumat bersih (jumsih) membersihkan bantaran dan sungai Citonjong, Jumat (27/10/2023).

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut