Logo Network
Network

18 Tahun Ditelusuri, Akhirnya Terkuak Misteri 17 Mayat Kaum Yahudi yang Terbenam di Sumur Kuno

Tim Okezone/Hikmatul Uyun
.
Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:23 WIB
18 Tahun Ditelusuri, Akhirnya Terkuak Misteri 17 Mayat Kaum Yahudi yang Terbenam di Sumur Kuno

INGGRIS, iNewsPangandaran.id -- 18 tahun ditelusuri, akhirnya misteri 17 mayat manusia yang terbenam di sumur kuno di Norwich, Inggris pada 2004 terkuak.

Sekelompok peneliti dari University College, London, Inggris menyimpulkan bahwa belasan mayat tersebut merupakan korban dari pembantaian anti-semitisme yang terjadi di abad ke-12. Dipastikan ke-17 mayat tersebut merupakan bagian dari kelompok Yahudi Ashkenazi.

Yahudi Ashkenazi adalah kelompok etnis Yahudi yang memiliki nenek moyang paling awal dari suku asli Israel. Yahudi Ashkenazi adalah kelompok etnis Yahudi yang memiliki nenek moyang paling awal dari suku asli Israel.

Untuk mengungkap misteri belasan mayat yang terbenam di sumur itu, tim dari University College melakukan pengujian DNA terhadap tulang belulang yang ditemukan pada 2004.

Saat itu diketahui terdapat enam tulang orang dewasa dan 11 tulang anak-anak. Di antara mereka, terdapat hubungan keluarga yang erat.

Dalam penelitian itu diketahui adanya relasi yang kuat antara DNA 17 mayat tersebut dengan masyarakat Yahudi Ashkenazi moderen. Kesamaan itu terdapat pada mutasi penyakit yang dialami belasan mayat itu. Mutasi penyakit itu diketahui sangat umum terjadi pada masyarakat Yahudi Ashkenazi.

Hal ini juga menguatkan analisa sebelumnya yang menyatakan bahwa susunan genetik orang-orang Yahudi terbentuk sebelum abad ke-12. Ini dibuktikan dengan kehadiran 17 mayat Yahudi Ashkenazi yang dibenamkan di sumur kuno di Norwich, Inggris itu.

"Tidak ada yang menganalisa DNA kuno Yahudi sebelumnya karena adanya peraturan larangan mengganggu kuburan Yahudi. Dalam kasus ini, kami tidak tahu mereka Yahudi sampai setelah kami melakukan analisa genetik," ujar Profesor Mark Thomas dari University College London.

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini