Nasib Rafael Alun 10 Tahun Jadi Pegawai Pajak Kumpulkan Rp500 M, Kini Dipecat Tanpa Uang Pensiun

Hikmatul Uyun/Achmad Al Fiqri
Nasib nahas Rafael Alun 10 tahun jadi pegawai pajak kini dipecat tanpa uang pensiun sepeser pun. Foto: mpi

JAKARTA, iNewsPangandaran.id - Nasib nahas menimpa Rafael Alun Trisambodo yang sudah 10 tahun menjadi pegawai pajak mengumpulkan harta kekayaan Rp500 miliar. Kini, ia dipecat oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani tanpa uang pensiun sepeser pun.

Disebutkan Sri Mulyani lewat Sektetaris Jenderal (Sekjen Kemenkeu), Heru Pambudi, Rafael Alun terbukti melakukan pelanggaran berat terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menurutnya, berdasarkan hasil invetigasi, Rafael Alun yang juga ayah dari Mario Dandy terbukti melakukan pelanggaran berat yang konsekuensinya berupa pemecatan dan tidak mendapatkan uang pensiun. 

"Inikan hasilnya rekomendasi dari pemeriksaan Irjen itu kan pelanggaran dan ini kategori disiplin pelanggaran berat jadi konsekuensinya dipecat da  tidak dapat pensiun," kata Budi di Kantor Kemenkeu, Rabu (8/3/2023). 

Hal itu pun membuat nasib Rafael Alun berakhir nahas, apalagi kejanggalan harta kekayaannya ini terkuak setelah sang putra, Mario Dandy jadi tersangka kasus penganiayaan terhadap David Ozora, anak pengurus GP Ansor.

Seperti diketahui, Rafael Alun merupakan pria kelahiran Yogyakarta, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia pada tahun 2002.

Perjalanan karir Rafael Alun di lingkungan pajak dimulai sejak tahun 2013 dengan menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah I. Kemudian di tahun 2015, dipercaya menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Situbondo.

Dua tahun kemudian, alumni UI ini dipromosikan menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Kanwil DJP Jawa Timur I. 

Setelah itu, pada 2018 Rafael Alun mengemban tugas sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Modal Asing II. Kemudian, dia menjabat posisi Kabag Umum DJP Kanwil Jaksel hingga sebelum dipecat Sri Mulyani.

Selama 10 tahun menjadi pegawai pajak, pada tahun 2021 Rafael Alun melaporkan harta kekayaannya ke LHKPN sebanyak Rp56 miliar. Menariknya, angka tersebut beda tipis dari total harta kekayaan milik Menkeu Sri Mulyani yakni sebesar Rp58 miliar.

Namun KPK bersama PPATK menemukan sejumlah kejanggalan terhadap aharta kekayaan Rafael Alun. Di dalam rekening ayah Mario Dandy, PPATK menemukan adanya uang lebih Rp500 miliar.

"Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya D/K (Debit/Kredit) lebih dari Rp500 miliar dan kemungkinan akan bertambah," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Maka dari itu, 40 rekening milik Rafael Alun pun langsung dibekukan dan diblokir. Bahkan, PPATK juga memblokir rekening milik istri Rafael, Ernie Meike Torondek, dan anak-anaknya termasuk Mario Dandy.

Selain itu, PPATK memblokir rekening milik konsultan pajak. Diduga, ada indikasi pencucian uang yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo. PPATK juga menmukan.transaksi dalam jumlah besar di rekening konsultan pajak terkait dengan Rafael Alun. 

Namun, Ivan enggan membongkar lebih rinci terkait indikasi transaksi janggal tersebut,

Selain PPATK, KPK menemukan ketidakwajaran antara harta kekayaan bernilai fantastis milik Rafael Alun dengan profilnya sebagai eselon III di DJP Kemenkeu.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network