Waspada Penipuan, Ada Akun WhatsApp Palsu Mengatasnamakan Istri Bupati Pangandaran

Eris Riswana
Akun WhatsApp palsu yang mengatasnamakan Ida Nurlaela Wiradinata. ( Foto: iNewsPangandaran.id/ ist)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan dan menampilkan foto profil istri Bupati Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata. Akun WhatsApp tersebut berkomunikasi dan menghubungi istri para pejabat di Kabupaten Pangandaran.

Akun WhatsApp dengan nomor +62 812-6945-5237 tersebut berkedok memberikan informasi terkait adanya lelang kendaraan motor dan mobil. Dan untuk mengelabui korbannya, dengan cara memakai foto profil istri Bupati Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata.

Salah satu korbannya adalah istri dari Camat Pangandaran Nena Antriana, ia mengaku di hubungi akun WhatsApp tersebut. Nena Antriana mengatakan, awal masuk chat sekitar pukul 06.59 Wib dini hari dengan mengucapkan salam dan di balas sekitar pukul 07.20 Wib pagi hari.

"Awalnya kaget, adanya Chat WhatsApp masuk menggunakan foto profil ibu Ida, saya pun langsung respon siapa tahu memang ini benar nomor yang belum saya ketahui, atau belum di save,"ucapnya saat di hubungi melalui WhatsAap, Senin 06 Maret 2023 sore.

Chat pun berlanjut, kata Nena, dengan ia menanyakan kabar keluarga, dari situ mulai curiga bahwa itu bukan ibu Ida Nurlaela Wiradinata. Menurutnya, itu bukan kata-kata Ibu Ida, karena dirinya tahu dan sering berkomunikasi.

"Saya pun langsung screenshot, dan di kirim ke Neng ajud untuk menanyakan benar atau bukan, itu chat dari Ibu Ida Nurlaela Wiradinata,"ujarnya.

Kata Neng Ajud, itu bukan Ida Nurlaela, itu penipu yang mau mencari keuntungan dengan mengatasnamakan dengan menjual orang lain.

"Coba aja layani terus ingin tahu mau nya gimana, itu yang di utarakan Neng Ajud ke saya," tuturnya.

Chat an pun trus berjalan, sampai mengatakan ada informasi adanya lelang kendaraan motor juga mobil.

"Dari situ saya makin tidak percaya, ini pasti mau menipu, apalagi Ibu Ida belum pernah seperti itu menawarkan kendaraan. Lalu setelah itu saya share ke group Kader, ternyata ada juga salah satu kader yang dapat Chat WhatsAap dengan modus yang sama.," Kata Nena.

Modusnya sama ucap Nena, namun bedanya kalau ke kader ada penawaran lelang kekayaan Negara. Ia pun mencoba menanyakan kembali ke para istri Camat yang lainnya namun tidak ada.

"Mudah mudahan sih tidak sampai ada korban, yang jelas itu bukan Ibu Ida Istri Bupati Pangandaran," ungkapnya.

Sementara itu menurut Ida Nurlaela Wiradinata, membenarkan kejadian tersebut, ada orang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan dirinya dengan tujuan menipu.

"Berhati-hati saja, dengan adanya kabar tersebut mudah-mudahan tidak sampai ada korban yang tertipu," katanya.

Ida pun menegaskan lagi kepada seluruh masyarakat, bahwa itu HOAX. Bilamana terjadi kembali segera mencari tahu kebenarannya jangan langsung percaya.

"Bisa saja terjadi ke yang lainnya, tidak hanya mengatasnamakan saya, jadi perlu kehati hatian, kroscek terlebih dahulu," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network