get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Maupun Wisatawan di Pangandaran Berhamburan Saat Sirine Peringatan Gempa Berbunyi

Simulasi Ibadah Haji, 488 Anak Dapat Pengalaman Berharga

Minggu, 20 Oktober 2024 | 19:40 WIB
header img
Bumi Perkemahan Pramuka Pamugaran Jadi Lokasi Peragaan Manasik Haji. ( Foto: iNewsPangandaran.id)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Kegiatan peragaan manasik haji yang diselenggarakan oleh DPC Ikatan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Alquran Indonesia (IPPAQI) Kabupaten Pangandaran, sukses diikuti ratusan anak usia dini di area Bumi Perkemahan Pramuka Pamugaran pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian dan pengenalan tata cara ibadah haji sejak dini, dengan diikuti oleh 488 anak dari lembaga pendidikan Al-Qur'an seperti PAUDQu dan TPQ.

Para peserta melaksanakan berbagai simulasi ibadah haji, termasuk mengelilingi Ka'bah buatan sambil membacakan talbiyah, di bawah bimbingan para guru dan panitia.

Ketua DPC IPPAQI Kabupaten Pangandaran, Aisyah, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mempersiapkan anak-anak sejak usia dini agar kelak siap melaksanakan haji sesungguhnya di Tanah Suci.

"Perlunya pengetahuan ini dari mulai usia dini, sehingga nanti kedepan mereka sudah siap melaksanakan manasik haji secara langsung di tanah suci," ucapnya kepada sejumlah Wartawan di lokasi kegiatan.

Menurutnya Ini adalah kali kedua kegiatan serupa dilaksanakan di Pangandaran, setelah sebelumnya dimulai pada 2021 di Nusawiru. Simulasi peragaan manasik haji ini diikuti oleh anak - anak dari lembaga pendidikan Al-Qur'an di Kabupaten Pangandaran. Terutama, PAUDQu dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), dan kegiatan ini kini dijadwalkan setiap dua tahun sekali.

"Kami sangat bersyukur, peragaan manasik haji yang diikuti 488 anak di Kabupaten Pangandaran sudah dilaksanakan 2 kali, dan berjalan dengan lancar," ujarnya.

Sementara itu peserta seperti Roswati, yang baru pertama kali mengikuti peragaan manasik haji, merasa senang dan berharap suatu hari bisa melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya.

"Kalau buat saya sendiri terasa asli sedang melaksanakan ibadah Haji mudah mudahan saja menjadi kenyataan," ucap Roswati Asal Mangunjaya dengan raut muka senang.

Menurutnya, ini baru pertamakalinya mengikuti manasik haji, dengan adanya kegiatan manasik haji ini sedikit banyaknya bisa tahu tata cara beribadah haji.

"Ini menjadi pengalaman pertama, banyak ilmu dan tata cara haji yang di dapat dalam manasik haji ini, anak anak juga senang dan Alhamdulillah pelaksanaan nya lancar," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut