get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Pangandaran Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Tingginya Potensi Gempa dan Tsunami di Pangandaran, BMKG Jabar Lakukan Simulasi

Rabu, 25 Oktober 2023 | 23:22 WIB
header img
Tingginya Potensi Gempa dan Tsunami di Pangandaran, BMKG Jabar Lakukan Simulasi. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat menggelar Drill Indian Ocean-Wave Tsunami Exercise (IOWave23), dimana IOWave23 ini merupakan sistem pelatihan dini gempa dan tsunami, Rabu 25 Oktober 2023.

Diketahui, kegiatan tersebut di selenggarakan 2 tahun sekali yang di ikuti oleh seluruh negara di pesisir samudra Hindia.

Latihan ini sangat tepat untuk melatih kesiapsiagaan terhadap peringatan dini gempa bumi dan tsunami khususnya di wilayah Pangandaran Jawa barat.

Selain itu juga untuk menguji kecepatan dalam merespon peringatan dini, yang sekaligus juga menguji kehandalan sistem peringatan dini tersebut. Untuk Jawa barat dilaksanakan di 2 lokasi diantaranya Pangandaran dan sukabumi.

Dan untuk di Pangandaran terbagi menjadi tiga titik yaitu di bandar udara Nusawiru Cijulang, Pelabuhan TPI Cikidang Babakan dan Pantai barat Pangandaran.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut