get app
inews
Aa Read Next : Minimalisir Biaya, Petani di Pangandaran Konversi BBM ke BBG di Mesin Pompa Air

Memanfaatkan Lahan Tidur Saat Kemarau, Petani di Pangandaran Tanam Mentimun

Kamis, 25 Juli 2024 | 13:57 WIB
header img
Memanfaatkan Lahan Tidur Saat Kemarau, Petani di Pangandaran Tanam Mentimun. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Pemanfaatan lahan tidur kala musim kemarau dilakukan oleh sejumlah petani di Pangandaran. Para petani tersebut tidak menanam padi, tapi lebih memilih menanam komoditas lain, seperti mentimun.

Perkumpulan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Bayu Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat ini, kini lebih memilih melakukan penanaman mentimun di lahan seluas 4.200 Meter persegi. Ini dilakukan guna pemanfaatan lahan tidur kala musim kemarau.

Diketahui, dari hasil panin mentimunnya tersebut, selain dijual langsung kepada masyarakat mereka juga menjual kepada bakul - bakul atau pengepul di wilayah setempat.

Mentimun tersebut bisa di panin setiap hari, dalam jangka waktu sampai satu bulan bahkan lebih. Dalam per harinya bisa mendapatkan 1 kwintal lebih dan dalam satu bulan bisa menghasilkan 3 Ton pada lahan seluas 4200 Meter persegi.

Salah satu warga Asal Jawa tengah Juariah mengatakan, Setelah dari wilayah Padaherang dan pulang ke Jawa tengah, ia sengaja mampir untuk membeli mentimun langsung ke kebun milik kumpulan para petani yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut