get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Regenerasi, Jamtani Indonesia Gandeng kaum Milenial, Tidak Perlu Malu Menjadi Petani

Minimalisir Biaya, Petani di Pangandaran Konversi BBM ke BBG di Mesin Pompa Air

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:40 WIB
header img
Minimalisir Biaya, Petani di Pangandaran Konversi BBM ke BBG di Mesin Pompa Air. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Pemakaian BMM dinilai terlalu menguras biaya, Kelompok Tani didampingi dari Inovator pengguna BBG di Pangandaran melakukan uji coba dengan berinovasi baru perpindahan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) di mesin pompa air.

Inovasi ini langsung dipraktekkan oleh sejumlah petani di wilayah Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Minggu (9/6/2024) lalu.

Mereka sengaja mengaplikasikan BBG berupa Gas Elpiji 3 Kg ke mesin pompa air yang tadinya memakai BBM biasa. Satu Inovator pengguna BBG di Pangandaran, Kiswan mengatakan, berjalannya konversi BBM ke BBG itu sudah dilakukannya sejak tahun 2014.

"Untuk distribusi pemakaian BBG, kita sudah terlibat sejak tahun 2016. Jika menggunakan BBG, manfaat yang akan dirasakan pelaku petani itu sangat luar biasa," ucapnya.

Jika menggunakan BBM dengan RPM pada mesin di kisaran 40, itu membutuhkan BBM sekitar 9 liter dan RPM di angka 60 itu butuh BBM sekitar 7 liter.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut