get app
inews
Aa Read Next : RSUD Pandega Gelar Pencanangan Pembangunan Menuju WBK dan WBBM

RSUD Pandega Berikan Tips Asupan Makanan Saat Puasa Bagi Diabetisi

Sabtu, 23 Maret 2024 | 14:00 WIB
header img
RSUD Pandega Berikan Tips Asupan Makanan Saat Puasa Bagi Diabetisi. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

Indah mengatakan, gejala umum yang terjadi pada penderita diabetes melitus diantaranya sering kencing, cepat lapar dan sering haus.

“Gejala lainnya seperti berat badan yang menurun cepat tanpa penyebab yang jelas, sering kesemutan, gatal di daerah kemaluan, keputihan pada wanita, luka sulit sembuh, bisul yang hilang timbul, penglihatan kabur, cepat lelah, mudah mengantuk dan impotensi pada pria,” terangnya.

Adapun faktor dan penyebab diabetes melitus diantaranya obesitas/ kegemukan, aktivitas fisik yang kurang, faktor keturunan keluarga, gaya hidup, faktor lingkungan, dan faktor usia.

Indah juga membagikan contoh menu puasa bagi diabetisi.

Buka Puasa : Kurma 1-2 buah atau jus buah atau susu DM. Makan Setelah Magrib : Nasi sesuai porsi, ikan/ ayam tanpa kulit/ daging/ 1 butir telur, 1 potong tahu/ tempe goreng, 1 semangkuk sayuran, dan buah pepaya. Makan Setelah Tarawih : Snack rendah gula atau jus buah atau susu DM.

Sahur : Nasi sesuai porsi, ikan/ ayam tanpa kulit/ daging/ 1 butir telur, 1 potong tahu/ tempe goreng, 1 semangkuk sayuran. Menjelang imsak : Puding atau buah.

Bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya yang ingin bergabung bersama Kelas Diabetes RSUD Pandega Pangandaran bisa mendaftarkan diri dengan ketik Nama (spasi) Umur (spasi) Alamat kirim ke nomor Whatsapp 0821-2005-6071.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut