get app
inews
Aa Read Next : Percepat Munculnya Inovasi-inovasi Baru, Jamtani Gandeng BRIN

Ratusan Ribu Warga Amerika Serikat Terjangkit Penyakit Kelamin Sifilis, Ini Data dan Faktanya!

Kamis, 01 Februari 2024 | 09:59 WIB
header img
Ilustrasi penyakit Sifilis, penyakit kelamin yang kini menjangkiti warga Amerika Serikat. Foto: Freepik

Gejala sifilis 

Salah satu masalah penyakit sipilis adalah penyakit ini terlihat seperti penyakit kulit lainnya sehingga sulit untuk didiagnosis. Namun, sifilis memiliki empat tahap yang berbeda dan semakin dini didiagnosis, semakin baik.  

4 tahap penyakit sifilis 

Menurut CDC, pada tahap primer, ada luka di titik masuk ke dalam tubuh, yang biasanya berbentuk bulat dan tidak menimbulkan rasa sakit serta terjadi rata-rata 21 hari setelah infeksi terjadi. 

Luka tersebut kemungkinan besar akan hilang. Akan tetapi, jika tanpa pengobatan, penyakit ini akan berkembang ke tahap sekunder.  

Tahap kedua biasanya berupa ruam tidak gatal di tangan dan kaki, yang mungkin disertai gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, penurunan berat badan, dan kelelahan. 

Dan lagi-lagi, tanpa pengobatan, penyakit ini dapat berkembang ke tahap ketiga–atau disebut tahap laten. Pada tahap lanjutan ini, infeksi tidak terdeteksi di dalam tubuh selama bertahun-tahun.  

Adapun tahap empat, yang juga dikenal sebagai tahap tersier, dapat terjadi hingga 30 tahun setelah seseorang terinfeksi. Meskipun jarang, penyakit ini dapat menyerang jantung, otak, dan sistem saraf, menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian.  

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut