get app
inews
Aa Read Next : KPU Pangandaran Buka Rekrutmen 5.418 Petugas KPPS, Ayo Daftar

KPU Kabupaten Pangandaran Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Rabu, 31 Januari 2024 | 17:54 WIB
header img
KPU Kabupaten Pangandaran Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

Itu mungkin karena kebiasaan dari awal, kata Adi, makanya kita harus bisa menjaga agar tidak sampai terjadi itu dan akan menjadi blunder.

"Yang ditakutkan publik menganggapnya berbeda dengan simbol simbol tersebut,"imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama menegaskan kepada KPPS dan PPK Kabupaten Pangandaran Harus Profesional.

"Kami mengingatkan Agar Penyelenggara pemungutan suara harus sesuai dengan aturan yang berlaku, harus bersikap netral," jelasnya.

Menurutnya, bahwa dari unsur Kepolisian akan selalu mengawasi proses pemilu.

"Anggota kami melekat dilapangan, kemudian juga ada tim Intelijen yang kami sebar untuk mengawasi dan menginformasikan apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan dalam proses pemilihan dan penghitungan suara,"ungkapnya.

Lanjut AKBP Imara, ia mengingatkan agar rekan-rekan penyelenggara tidak ada yang bermain dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, kami awasi sepenuhnya dalam melaksanakan kegiatan ini.

"Kami tidak ada kepentingan apapun, TNI/Polri tidak mempunyai hak memilih, kepentingan kami hanya ingin semua tahapan pemilu berjalan dengan aman lancar dan kondusif sesuai aturan agar kabupten Pangandaran lancar saat tahap pemilihan dan penghitungan", tegas AKBP Imara.

Dilain pihak salah satu warga yang mengikuti simulasi M Mulyadi (72) menyampaikan cukup kesulitan karena banyaknya kertas suara.

"Lumayan rumit, dan sulit dan prosesnya pun kurang lebih sekitar 5 menit,"jelasnya.

Mungkin ini hanya sekedar simulasi saja, kata Mulyadi, dan setelah mengikuti simulasi ada gambaran tidak seperti sebelum sebelumnya.

Sedangkan Siti Jenab (33) mengatakan, bisa di mengerti dan tidak sampai menghabiskan waktu yang cukup lama.

"Setelah mengikuti simulasi alhamdulilah sekarang sudah paham, yang tidak tahu hanya untuk DPD saja, yang lainnya tahu semuanya, dan prosesnya pun tidak sampai 5 menit,"Pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut