get app
inews
Aa Read Next : Gempa Garut, Tidak Berpengaruh Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami, Dirasakan hingga Bandung

Kamis, 28 Desember 2023 | 08:48 WIB
header img
ilustrasi gempa. Foto: Dok iNews.id

BANDUNG, iNewsPangandaran.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Kabupaten Pangandaran pada Kamis (28/12/2023) sekitar pukul 06.03 WIB. Getaran gempa dirasakan dengan cukup kuat oleh penduduk Pangandaran.

Bahkan, getaran gempa juga terasa oleh warga kota atau kabupaten lain di Jawa Barat, meskipun lokasinya sangat jauh dari pusat gempa. Guncangan gempa dirasakan pada Skala MMI IV di Garut, Skala III di Cilacap, Pelabuhan Ratu, dan Sukabumi, serta Skala II-III di Bandung.

"Info Gempa Mag:5.5, 28-Des-23 05:43:54 WIB, Lokasi: 8.11 LS, 107.89 BT (80 km Barat Daya KAB-PANGANDARAN-JABAR), Kedalaman: 14 Km :: BMKG," demikian yang diunggah oleh BMKG Bandung di Twitter, @BMKGBandung.

Meskipun berpusat di laut, tepatnya 80 kilometer Barat Daya Pangandaran dengan kedalaman 14 km, BMKG memastikan bahwa gempa bumi tektonik tersebut tidak akan menimbulkan tsunami.

Unggahan BMKG ini mendapatkan sejumlah komentar dari netizen, yang pada umumnya memberikan kesaksian tentang kekuatan guncangan gempa yang dirasakan.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut