get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Sampah Kiriman Rusak Keindahan Pantai Pangandaran

Mitos dan Kisah Mistis Nyi Roro Kidul di Pantai Pangandaran

Jum'at, 21 Juli 2023 | 14:15 WIB
header img
Kisah mistis Nyi Roro Kidul di Pantai Pangandaran, serta mitos-mitosnya. Foto: Ilustrasi/Istimewa

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Nyi Roro Kidul adalah tokoh dalam legenda Jawa yang dianggap sebagai penguasa laut selatan Jawa dan dipercaya memiliki kekuatan mistis. Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang terletak di selatan Jawa Barat, Indonesia. Di sekitar pantai ini, juga terdapat cerita mistis yang terkait dengan Nyi Roro Kidul.

Namun, perlu diingat bahwa cerita mistis Nyi Roro Kidul di berbagai daerah cenderung berbeda satu sama lain karena adanya variasi cerita dan legenda yang telah berkembang dari waktu ke waktu.

Versi cerita yang populer menceritakan tentang seorang puteri cantik bernama Nyi Roro Kidul yang memiliki kecantikan yang luar biasa dan memiliki kekuatan magis. Ia adalah penguasa kerajaan bawah laut dan dikenal sebagai Ratu Pantai Selatan.

Menurut legenda, Nyi Roro Kidul jatuh cinta dengan seorang raja atau kesatria dari kerajaan darat. Namun, hubungan mereka tidak berjalan lancar karena perbedaan dunia mereka. Nyi Roro Kidul memiliki kekuatan magis yang kuat, sementara raja tersebut adalah manusia biasa.

Dalam beberapa versi cerita, Nyi Roro Kidul merasa terluka dan marah karena raja tersebut menikahi wanita lain. Akibatnya, ia dikatakan telah mempengaruhi beberapa insiden laut yang menewaskan orang-orang, terutama para pemuda, yang berenang di wilayah pantai di selatan Jawa.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut