get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

Lokasi Negeri Peri di Pangandaran, Keindahan Alamnya bikin Wisatawan Terhipnotis

Senin, 06 Maret 2023 | 12:50 WIB
header img
Keindahan Negeri Peri di Pangandaran. Foto: humas Kabupaten Pangandaran

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.idNegeri peri biasanya hanya ada di negeri dongeng. Tapi siapa sangka, ternyata suatu tempat di Pangandaran Jawa Barat ini dijuluki negeri peri dengan pemandangan alamnya yang indah dan mempesona.

Pepohonan yang hijau serta air sungai yang berwarna hijau jernih semakin menghipotis mata untuk mengunjungi Negeri Peri Pangandaran ini. Ditambah lagi dengan udara di tempat ini yang masih bersih tak tercemari oleh polusi kendaraan.

Lantas di mana sebenarnya lokasi Negeri Peri di Pangandaran ini? Negeri Peri itu tepatnya berada di objek wisata Green Canyon yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran

Mengutip dari buku yang berjudul Flashpacking Keliling Indonesia Traveling Gaya Koper Otak karya Deede Caniago (2011:132), Nama Green Canyon berasal dari seorang peneliti Amerika bernama Bill John yang datang ke Pangandaran.

Saat itu, dia begitu kaget mendapati bahwa pemandangan alam di Pangandaran itu hampir sama dengan pemandangan alam Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat yang membelah Sungai Colorado.

Selain itu, objek wisata yang dijuluki Negeri Peri berbentuk ngarai yang dipenuhi pohon-pohon hijau sehingga dinamakan juga Ngarai Hijau. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, yakni Green Canyon.

Ngarai terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang seama jutaan tahun yang menembus gua, serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. "Penamaan Green Canyon sendiri terinspirasi dari warna air yang memang berwarna hijau pekat," tulis akun Instagram @indoflashlight.

Berbagai macam aktivitas bisa dilakukan di Green Canyon, mulai dari menyusuri sungai hingga bermain arung jeram. Menyusuri Green Canyon ini tak pernah ada bosannya, vibesnya bahkan seperti kita berada di Negeri Peri.

Ketika menyusuri mulut gua, wisatawan akan melihat gemercik tetesan air yang menyerupai hujan abadi yang menambah kesempurnaan keindahan objek wisata satu ini. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut