get app
inews
Aa Read Next : HUT ke 78 TNI, Kodim 0625 Pangandaran Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis dan Donor Darah

Kasdam III Sillwangi Brigjen TNI Widjanarko Meresmikan Makodim 0625 Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 00:16 WIB
header img
Kasdam III Sillwangi Brigjen TNI Widjanarko melaksanakan gunting pita peresmian Makodim 0625 Pangandaran. (Foto: iNewsPangandaran.id/Dry)

PANGANDARAN, iNews.id - Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, memimpin acara Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan di Jajaran TNI AD melalui zoom meeting secara langsung dari Ruang Vicon Puskodalad.

Salah satunya Peresmian Satuan Baru Kodim 0625/Pangandaran yang berada di wilayah Kodam III/Siliwangi.Selasa, (22/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kasdam III Sillwangi Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam III Siliwangi melaksanakan gunting pita peresmian Makodim 0625 Pangandaran, di Desa Cintakarya Kecamatan parigi kabupaten pangandaran.

Ditandai dengan menekan tombol serine sebagai lambang bahwa mulai hari ini Kodim 0625/Pangandaran dan jajarannya sudah mulai beroperasi serta aktif untuk menjalankan tugasnya serta melaksanakan pengguntingan pita bukti peresmian, dilanjutkan dengan pengecekan bangunan baru Makodim 0625 Pangandaran.

Dalam sambutannya Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Widjanarko mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Pemkab Pangandaran yang sudah memberikan fasilitas sebidang tanah yang sekarang digunakan untuk Makodim 0625 Pangandaran.

Selain itu, Kasdam juga menyampaikan pesan Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, untuk PemKab Pangandaran atas terbangunnya Makodim 0625 Pangandaran. Ada dua pesan yang disampaikan untuk Kabupaten Pangandaran.

“Pesan pertama yakni ucapan terima kasih kepada Pemda yang sudah menyiapkan lahan ini. Kedua kami menitipkan dari kelanjutan Kodim ini ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran, ” Ucapnya.

Menurutnya kekuatan personel, saat ini baru ada sekitar 60 persen dari jumlah personel yang dibutuhkan. Kekurangan personel ini nantin akan ditambah sekaligus penambahan Koramil yang saat ini baru ada 7 Koramil.

“Seharusnya Personel Kodim 0625 Pangandaran ini sebanyak 254 orang, tapi saat ini baru ada 148 personel. Mohon waktu untuk kelengkapannya, tak lupa saya juga titipkan Kodim ini kepada Pemkab Pangandaran agar bisa saling bantu dan bersinergi, seperti pesan Pangdam yang diamanatkan pada saya, " Ujarnya.

Sementara itu diketahui ada 7 satuan Kodim baru juga diresmikan yang tersebar di wilayah 5 Kodam antara lain : Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam III/Siliwangi, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/ Kabupaten Walemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1430/Konawe Utara di wilayah Kodam XIV/Hasanudin, Kodim 1513/Seran bagian barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Patimura, Kodim 1812/Pegunungan fakfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan kekuatan pokok minimum yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai kebijakan strategi TNI Angkatan Darat 2010-2029.

Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat.

Dilain pihak Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dalam sambutannya mengatakan, hadirnya Kodim 0625 Pangandaran ini merupakan sebuah kebanggaan baik untuk Pemda maupun bagi masyarakat Pangandaran.

"Seperti diketahui Kabupaten Pangandaran ini berbatasan langsung dengan negara Australia, tentu dengan hadirnya Kodim ini akan mampu mengatasi hal-hal terkait teratorial dan pertahanan negara," katanya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dadang, Kapolres Pangandaran, para Dandim Jajaran Korem 062/Tn, Kasiren Korem 062/Tn, Kasi Pers Korem 062/Tn, Kasilog Korem 062/Tn, Dandenhubrem 062/Tn, Dandenpom III/2 Garut, pejabat Forkopimda Kabupaten Pangandaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para tamu undangan lainnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut