get app
inews
Aa Read Next : 7 Artis Pilih Cerai Usai Alami KDRT, Nomor 3 Dianiaya Sultan hingga Dipaksa Berhubungan Badan

15 Artis Keturunan Pahlawan Nasional, Ternyata Cicit Soekarno hingga Pangeran Diponegoro

Kamis, 10 November 2022 | 14:05 WIB
header img
Deret artis keturunan pahlawan nasional, ternyata cicit Soekarno hingga Pangeran Diponegoro. Foto: kolase iNews.id/Yuyun HU

4. Dewi Yull

Penyanyi legendaris Dewi Yull juga merupakan keturunan pahlawan nasional. Ia merupakan cicit dari RM Tirto Adhisoerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia.

Jasa RM Tirto adalah mendirikan Media Prijaji, surat kabar nasional pertama di Indonesia dengan seluruh pekerjanya merupakan orang pribumi asli.

Pada 1973, pemerintah menobatkan RM Tirto sebagai Bapak Pers Nasional. Lalu pada tanggal 3 November 2006, RM Tirto mendapat gelar Pahlawan Nasional melalui Keppres RI no 85/TK/2006.

5. Dian Sastro


Dian Sastro, (Foto: Instagram @therealdisastr)

Artis Dian Sastro merupakan cucu keponakan dari pahlawan Indonesia bernama Prof Mr Sunario Sastrowardoyo.

Sunario dikenal sebagai satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional, Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II.

Beliau termasuk salah satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

6. Harry Roesli


artis keturunan pahlawan Pangeran Diponegoro, salah satunya Harry Roesli

Artis sekaligus musisi Harry Roesli merupakan keturunan dari pahlawan Pangeran Diponegoro. Meski begitu, silsilah keturunannya dengan sang pahlawan tidak dijelaskan secara gamblang.

Anak dari seniman Marah Roesli ini memulai karirnya menjadi seorang musisi dengan musik yang diusung berupa kontemporer.

Harry selalu berpenampilan khas, dengan mempertahankan kumis, cambang, jnggut lebat, rambut gondrong dan berpakaian serba hitam.

7. Jeje Soekarno

Selebgram bernama asli Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra merupakan cicit presiden RI pertama yaitu Soekarno dari sisi keluarga sang ayah.

Ayahnya, Hendra Rahtomo atau Rommy Soekarno sendiri merupakan anak Rachmawati Soekarnoputri. Itu menandakan kalau Jeje adalah cicit Soekarno.

Pemuda kelahiran Bandung 3 Mei 1998 ini adalah putra dari artis Donna Harun sekaligus adik tiri Ricky Harun.

8. Karina Salim


Deretan artis cantik ini ternyata memiliki darah keturunan Pahlawan Indonesia. (foto: Instagram)

Penyanyi sekaligus artis kelahiran 24 Agustus 1991 ini merupakan cicit dari pahlawan nasional, KH Agus Salim. 

Agus Salim adalah seorang Menteri Luar Negeri ketika Soekarno menjabat sebagai presiden pertama RI. Berkat jasa-jasanya, KH Agus Salim ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres No. 657 tahun 1961.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut