Jeje Wiradinata, Merespons Pernyataan Erwan Setiawan Cawagub Jabar yang Menyoroti Defisit Anggaran

Eris Riswana
Jeje Wiradinata, merespons pernyataan Erwan Setiawan Cawagub Jabar yang Menyoroti Defisit Anggaran. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, merespons pernyataan Erwan Setiawan, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, yang menyoroti defisit anggaran Kabupaten Pangandaran sebesar Rp 411 miliar.

Jeje menilai bahwa Erwan, yang juga merupakan Wakil Bupati Sumedang, kurang memahami kondisi sebenarnya di Pangandaran.

Jeje Wiradinata mengatakan, Pak Erwan ini Wakil Bupati Sumedang yang saat ini menjadi calon wakil Gubernur Jawa Barat, menyatakan kenapa Pangandaran bisa defisit, itu satu tanggapan yang baik cuman harus paham dan tahu dulu baru berbicara.

"Kita berbicara itu tentunya harus benar benar paham dulu, pak Erwan itu paham tidak kenapa Kabupaten Pangandaran mengalami defisit," ucap Jeje, saat di wawancara usai kegiatan, Kamis 20 September 2024.

Menurut Jeje, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan realitas yang ada, dan ia menantang Erwan untuk memperbaiki indeks makroekonomi Sumedang yang masih kalah dibandingkan dengan Pangandaran, meskipun Pangandaran baru berusia 12 tahun sebagai kabupaten.


Erwan menyoroti defisit Pemerintah Daerah Pemda Kabupaten Pangandaran yang disebutnya mencapai Rp 411 Miliar.(Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

"Apa yang di ucapkan Pak Erwan itu realnya tidak mencapai segitu. Saya balik nanya Sumedang nya sudah bagus belum, pak Erwan kan di Sumedang sebagai wakil bupati indek - indeknya kalah tuh, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) hanya beda 3 juta saja," ujar Jeje.

"Kalau pak Erwan ngomong, ya saya juga harus ngomong dong tentang Sumedang, indikator macronya kayanya kalah sama yang bungsu deh, kalah sama yang baru berumur 12 tahun," tambahnya.

Indek - indek Sumedang tidak lebih bagus dari Pangandaran, bagusan Pangandaran, hanya kalah di PDRB nya saja.

Lanjut Jeje, bandingkan dari usianya saja sangat jauh kan, 200 tahun dengan 12 tahun, dan itu bukan saya yang buat, provinsi Jawa Barat yang buat.

Jeje juga menjelaskan bahwa defisit di Pangandaran bukan tanpa alasan, dan upaya solutif sedang dilakukan, termasuk melalui pengelolaan portofolio keuangan.

Ia menekankan bahwa Pangandaran memiliki berbagai tantangan geografis dan infrastruktur, tetapi indikator ekonomi di kabupaten tersebut menunjukkan kemajuan, meskipun usia daerahnya relatif muda dibandingkan dengan Sumedang.

Di sisi lain, Erwan Setiawan dalam sebuah acara di Pangandaran sebelumnya menyampaikan keprihatinannya terhadap defisit Pangandaran dan menekankan pentingnya membayar utang.

Erwan juga berjanji akan melakukan kolaborasi lintas sektor jika terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat, khususnya dalam hal pengembangan infrastruktur dan wisata di Pangandaran, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Editor : Irfan Ramdiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network