Pentingnya Regenerasi, Jamtani Indonesia Gandeng kaum Milenial, Tidak Perlu Malu Menjadi Petani

Eris Riswana
Pentingnya Regenerasi, Jamtani Indonesia Gandeng kaum Milenial, Tidak Perlu Malu Menjadi Petani. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

SLE Humboldt University, Jerman Astari Widya Dharma selaku Project Manager RYCAM. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

Kustiwa pun mengatakan, jika seandainya para pemuda ini tidak terlibat dan selama ini ketertarikan pemuda semakin rendah di sektor pertanian apa yang akan terjadi.

"Untuk itu, kami melakukan suatu ide untuk bagaimana mereka terlibat dengan mempunyai nilai yang menarik buat mereka. Tentu, hal ini dalam konteks ekonomi," ujarnya.

Misalkan, keterlibatan pemuda pasca panen, termasuk panen dan pasar. Sehingga, nilai rantainya bisa dipahami disitu mereka bisa mengambil kesempatan.

Dengan demikian setelah mereka tertarik, satu aktivitasnya adalah bagaimana mereka memikirkan di sektor hulu. Untuk sektor hulu, jika melihat saat ini petani bergeluat dengan panas, berlumpur, tentu bakal tidak menarik buat mereka.

"Akhirnya, kita kemas dalam bentuk seperti sektor hulu digitalisasi pertanian. Kemudian keterlibatan dalam teknologi - teknologi yang sifatnya lebih ke tepat guna seperti salah satunya dengan menggunakan drone untuk penyemprotan."

Editor : Irfan Ramdiansyah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network