Obwis Citumang Makin Ramai Dikunjungi, Yuyu Tour guide: Tamu Booking Melalui Medsos

Eris Riswana
Wisatawan banyak booking melalui medsos. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

"Ya Alhamdulillah selalu ada wisatawan yang datang bahkan kadang juga sampai kewalahan, kebanyakan melalui medsos untuk bokingannya, bahkan yang sudah pernah datang ke sini hingga datang kembali," ucapnya saat di wawancara di lokasi obwis Citumang, Minggu 08 September 2024.

Kalau saya sendiri, kata Yuyu, menjalankan propesi ini dari semenjak masih SMP karena mengikuti jejak kakak yang sudah awal terjun sebagai pemandu hingga sekarang.

"Dari mulai menyambut tamu, juga di saat mendampingi di saat body rafting harus seperti apa itu di lakukan hingga sekarang," ungkap Yuyu.

Menurutnya, pertama kali aktif mempromosikan Citumang di media sosial sejak 2017 sampai 2019, kemudian aktif kembali di tahun 2021, pasca terjadinya Covid-19 dengan mulai menjajaki di Tik Tok.

"Saya selalu berpikir agar tidak membosankan dalam setiap kontennya, tentunya dengan mengganti tema video yang di upload, karena harus menyesuaikan dengan algoritma Tik Tok, hingga berjalan sampai dengan tahun 2023 mulai main di Instagram, sampai 20 ribu follower dalam dua hari," ujar Yuyu.

"Alhamdulillah Customer atau pelanggan yang datang ke Citumang terus bertambah, kadang sampai kewalahan, hingga berinisatif untuk membuat tim,"tuturnya.

Kalau untuk sekarang, tambah Yuyu, lebih fokus di marketing dan konten, kemudian soal pemandu dibantu sama teman-teman, karena para pengunjung kebanyakan mengetahui Citumang ini dari medsos seperti Tik Tok dan Instagram.

Namun tidak lepas dan di utamakan dari segi pelayanan, kenyamanan, keamanan tamu, itu sangat penting.

"Pelayanan itu sangat penting, karena mereka datang kesini bertujuan ingin rilek, berlibur dengan suasana ceria, gembira ingin melepaskan sejenak dari kepenatan, jadi saya sebisa mungkin agar tamu yang datang mendapatkan kepuasan dan bisa menikmati liburannya," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network