Tanah Longsor Timbun Cipondok Subang, 2 Orang Tewas, 11 Luka dan 80 Jiwa Mengungsi

Binti Mufarida
Ilustrasi longsor. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNews.id - Tanah longsor di Kampung Cipondok, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada hari Minggu (7/1/2024), telah menewaskan dua warga. 

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa kejadian ini juga menyebabkan 80 warga mengungsi hingga Senin (8/1/2024) petang.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyampaikan bahwa dari hasil pendataan, sebanyak 11 orang mengalami luka-luka namun sudah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan di puskesmas setempat pada Selasa (9/1/2024).

Menurut Abdul Muhari, 80 warga terpaksa mengungsi di Majelis Taklim Bantar Panjang, terdiri atas 52 orang dewasa, 21 anak-anak, 5 balita, 1 ibu hamil, dan 1 lansia. 

Dia menjelaskan bahwa kejadian tanah longsor ini menyebabkan kerugian materiel, meliputi lima warung milik warga terdampak, 40 rumah yang terancam pergerakan tanah, tiga jalur kolam ikan, dan 2 hektare sawah tertimbun longsor.

Saat ini, tim gabungan dari BPBD Kabupaten Subang, TNI, Polri, PMI, Dinas Sosial, dan unsur lainnya telah mendirikan posko darurat sebagai pusat komando untuk mengatur strategi dan koordinasi dalam upaya penanganan darurat. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network