Sasar Nelayan, Ditlantas Polda Jabar Sosialisasi Kamseltiblancar Berlalu Lintas

Irfan ramdiansyah
Ditlantas Polda Jabar Sosialisasi Kamseltiblancar kepada para nelayan. ( Foto: iNewsPangandaran.id/ Irfan ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Sosialisasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran ( Kamseltiblancar) berlalu lintas, khususnya di wilayah Kabupaten Pangandaran Jawa barat. Ditlantas Polda Jabar sasar nelayan.

Kegiatan sosialisasi penggunaan helm dan tata tertib keselamatan berkendara dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cikidang Babakan, Pangandaran pada Kamis (15/6/2023) sore.

Puluhan nelayan dari berbagai kalangan serta komunitas diberikan penjelasan pentingnya menggunakan helm saat berkendara dan memiliki kendaraan bermotor dengan surat-surat lengkap.

Selain itu para nelayan juga berkesempatan mendapatkan helm dari polisi sebagai hadiah apabila dapat menjawaba pertanyaan yang diberikan polisi.

Tia Ardianti (36) salah seorang nelayan mengatakan, ia mengaku sangat senang dapat helm gratis dari polisi.

"Ya alhamdulillah mudah-mudahan bisa digunakan saat berkendara nanti," katanya saat diwawancarai wartawan, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya memang selama punya motor tidak pernah memakai helm kalau berkendara kemana pun yang jaraknya dekat.

"Iya sih sebelumnya kalau hanya ke pasar atau ke pantai mah gak pakai helm. Sekarang mah kan punya, jadi mau di helm nanti mah," ucap Tia.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar AKBP Eti Rohaeti menyampaikan, Pangandaran menjadi sasaran sosialisasi ketertiban berlalu lintas bukan hanya hari ini saja, tetapi sudah dari beberapa tahun yang lalu.

"Memang khusus untuk di Pangandaran sasaran dari kami untuk kaum nelayan," kata Eti.

Menurutnya nelayan yang biasanya bekerja di lautan, tidak ada aturan tata tertib saat mengambil ikan, tentunya pada saat di darat mereka dibawah tanggung jawab kepolisian dari sisi keselamatannya.

"Jadi mereka harus tahu bahwa di darat itu ada aturan, terutama saat berkendara di jalan," ucapnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan peringatan agar para nelayan meskipun jarang berkendara, tetapi saat naik motor harus taat lalu lintas.

"Karena harus mereka ketahui, pahami dan dilaksanakan, aturan berlalu lintas merupakan hal yang mengingat bagi mereka namun manfaatnya akan sangat dirasakan oleh para nelayan," tuturnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha mengatakan, setelah ada sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan efek dan kesadaran.

"Karena ini upaya kita dari pihak intern satuan lalu lintas dari Ditlantas Polda Jabar untuk bisa melaksanakan himbauan kepada masyarakat dan salah satunya tertib lalu lintas," katanya.

Menurutnya tingkat kesadaran masyarakat Pangandaran dalam menggunakan helm harus semakin meningkat lagi.

"Alhamdulillah ada perkembangan, walaupun tidak signifikan peningkatannya," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network