get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Awal Puasa, BHRD Pangandaran Gelar Pemantauan Hilal

Lestarikan Tradisi Turun Temurun, MI Darussalam Di Pangandaran Gelar Festival ngaliwet Nusantara

Selasa, 29 Maret 2022 | 23:56 WIB
header img
Festival Nasi Liwet Nusantara ( foto: iNewsPangandaran.id/ist)

PANGANDARAN , iNews.id - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1443 H/2022 M, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, menggelar Festival Nasi Liwet Nusantara. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi juga melestarikan tradisi turun-temurun. 

Ketua Yayasan Darussalam Desa Panyutran Padaherang Kabupaten Pangandaran Darsim Yasidi mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan setiap tahunnya, yakni festival nasi liwet Nusantara. Kegiatan ini juga melibatkan orangtua siswa dan masyarakat sekitar.

"Nasi liwet itu kuliner khas orang Sunda yang turun-temurun, dan kita harus melestarikan nya, Melalui kegiatan festival nasi liwet dalam menyambut bulan suci Ramadhan,"kata Darsim.

Darsim juga menambahkan, kreasi membuat dan mengolah nasi liwet ini ternyata sangat beragam, seperti Nasi liwet Kuning, Nasi liwet Takir, Nasi liwet pegunungan, Nasi liwet pelangi, Nasi liwet gunung Merapi, dan Nasi liwet Sayang Helang.

"Tujuan kegiatan nasi liwet orang Sunda ini untuk mempertahankan budaya orang tua kita secara turun-temurun, agar tidak punah walau kita ada di luar Jawa ataupun daerah manapun,"ungkap Darsim.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut