get app
inews
Aa Read Next : Ramcek Bus Pengangkut Calon Jemaah Haji, Sopir Dites Urine

Arus Balik Wisata Pangandaran Padat, Polisi Lakukan Pemenggalan Jalur

Minggu, 07 Juli 2024 | 20:47 WIB
header img
Arus Balik Wisata Pangandaran Padat, Polisi Lakukan Pemenggalan Jalur. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Arus balik kendaraan wisatawan yang keluar dari sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat padat. Volume kendaraan yang keluar cukup banyak, hingga mengakibatkan arus lalu lintas di jalan nasional padat merayap. Untuk mengurai kepadatan petugas melakukan pemenggalan di jalur arteri.

Kepadatan arus balik wisata ini mulai terlihat dari bundaran tugu Ikan marlin Pangandaran, kendaraan yang keluar dari sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran ini nampak padat merayap.

Hal tersebut selain akibat dari banyak nya volume kendaraan yang datang ke Pangandaran juga disebabkan keluar dari objek wisata secara bersamaan.

Kemacetan arus balik wisata ini juga mengular dari mulai pintu keluar obwis hingga pertigaan Pancimas Kalipucang. Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, petugas dari Satlantas Polres Pangandaran Polda Jabar memberlakukan rekayasa lalu-lintas dengan cara melakukan pemenggalan di beberapa titik.

Kasat lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha melalui Kanit Lantas Gakkum Ipda Dimas mengatakan, kepadatan kendaraan terjadi dari mulai pukul 13.00 WIB Minggu 07 Juli 2024 siang menjelang sore.

"Kami lakukan percepatan arus guna kelancaran kendaraan yang keluar dengan bersamaan dari lokasi Obwis, terpantau hingga saat ini kepadatan terjadi dari pukul 13.00 sampai 16.00 Wib," Ujarnya.

Untuk rekayasa lalu-lintas, kata Dimas, di berlakukan 3 CB yang pertama dilakukan di pintu pertama keluar Obwis sampai pertigaan Pelabuhan Babakan, dan penggal kedua dari Babakan sampai bunderan Emplak Al Jabar dan ketiga dari Al Jabar hingga pertigaan Pancimas Kalipucang.

Lanjut Dimas, untuk rekayasa satu arah atau one way dilakukan menyesuaikan dengan waktu dan volume kendaraan yang keluar juga masuk ke lokasi obwis.

Sementara itu menurut salah satu pengunjung asal Banjar Aman menyampaikan, kemacetan terjadi dari mulai keluar Obwis hingga Kecamatan Kalipucang.

"Saya keluar dari Pantai pukul 15.00 WIB sampai di Kalipucang SPBU pukul 17.00 WIB, lumayan lama hingga 2 jam perjalanan," Ujarnya.

Biasanya, kata Aman, satu jam kalau sekarang kemungkinan nyampe tujuan Banjar bisa 5 jam.

"Kalau untuk liburannya mengesankan meskipun di pantai juga penuh karena banyaknya pengunjung," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut