get app
inews
Aa Read Next : Jeje Wiradinata, Merespons Pernyataan Erwan Setiawan Cawagub Jabar yang Menyoroti Defisit Anggaran

Dilepas Bupati, 429 Jemaah Haji Asal Pangandaran Diberangkatkan

Kamis, 23 Mei 2024 | 13:26 WIB
header img
Dilepas Bupati, 429 Jemaah Haji Asal Pangandaran Diberangkatkan. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Ratusan calon Jemaah haji kloter 27 JKS Kabupaten Pangandaran di berangkatkan, dengan menggunakan 10 bus utama dan 1 bus untuk cadangan. Kamis (23/05/2024).

Diketahui, pemberangkatan jamaah haji ini dari Bumi Perkemahan Lokabina Pramuka Pangandaran menuju Embarkasi Bekasi pada pukul 08.00 wib. Terlihat ribuan warga pengantar calon jemaah haji memadati lokasi pemberangkatan.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran Yayan Herdiana mengatakan calon jemaah haji Pangandaran yang berangkat berjumlah 429 orang mereka merupakan kloter 27 JKS.

"Berdasarkan jenis kelamin, jemaah haji terdiri dari laki-laki 196 dan 235 perempuan," ucapnya saat di wawancara sejumlah wartawan.

Menurutnya, ada jemaah tertua berusia 95 atas nama Asta asal Kecamatan Cijulang dan jemaah haji dengan usia termuda tercatat atas nama Thoriq, umur 23 tahun asal Kecamatan Sidamulih.

"Mereka berangkat dari Pangandaran pagi ini, akan tiba di Embarkasi Bekasi kemungkinan nanti malam," ujarnya.

Untuk calon jemaah haji Pangandaran akan berangkat pada Jumat (24/5) pukul 16.50 WIB dari Bandara Soetta ke Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Terdapat calon jemaah haji termuda untuk menggantikan orangtuanya yang telah meninggal dunia.

"Ini pelimpahan dari ayah saya, pada tahun 2023 telah meninggal ke panggilnya sekarang tahun 2024, jadi saya saat ini mewakili ayah saya, mudah mudahan pahala dari orang tua saya sampai," ujar Thoriq.

Tidak menyangka, kata Thariq, di usia muda saat ini bisa menunaikan ibadah haji berangkat ke tanah Suci Mekah. Namun orang tua (ayah) sebelum meninggal sempat mengatakan untuk menggantikannya berangkat haji.

"Ayah mengatakan ade saja yang berangkat menggantikan ayah, begitu," ujarnya.

Yang paling utama nanti setelah berada di tanah suci, do'a terbaik untuk ayah.

"Doa yang utama, untuk ayah, keluarga karena saya saat ini sebagai wakilnya," Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Jeje Wiradinata sedikit menyampaikan, untuk jemaah haji kabupaten pangandaran masuk di kloter 27, dengan jumlah 429 orang.

"Itu termasuk jemaah, petugas kesehatan juga panitia, dan untuk pasilitas lainnya tentu di utamakan, seperti Bus harus yang baik layak jalan jangan yang mogok," Pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut