get app
inews
Aa Read Next : Angkat UMKM Setempat, Ribuan Takjil Diborong dan Dibagi-bagikan Kepada Pengguna Jalan

Ketua BPC HIPMI Kabupaten Pangandaran: Banyak Potensi di Pangandaran untuk Memajukan Pariwisata

Selasa, 06 Februari 2024 | 20:47 WIB
header img
Ketua BPC HIPMI Kabupaten Pangandaran: Banyak Potensi di Pangandaran untuk Memajukan Pariwisata. ( Foto: iNewsPangadaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) gelar pelatihan untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat selama 6 hari dengan mendatangkan ahli dari Belanda.

Diketahui, pelatihan tersebut langsung dilakukan oleh lembaga Programma Uitzending Managers (PUM) Netherland Senior Experts Bandung selama 6 hari sekaligus penandatanganan MOU.

Pakar marketing dari PUM asal Belanda Leendert Noordermeer mengatakan, pelaku UMKM di Pangandaran masih harus berusaha lagi untuk meningkatkan bisnis usahanya banyak PR yang harus di capai.

"Kita harus benar-benar tahu pasar, sesering mungkin mereka harus melakukan penelitian pasar," ucapnya melalui penerjemahnya di Pangandaran, Selasa (6/2/2024) siang.

Menurutnya, agar mengetahui siapa pelanggannya, kondisi dari masing- masing di pasarnya, persaingannya seperti apa, dan juga produk dari pesaingnya.

"Jadi, para pelaku UMKM khususnya di Pangandaran harus mengetahui betul kondisi pasarnya," ujarnya.

Pangandaran ini memiliki potensi yang cukup besar di dunia pariwisata, kata Leendert Noordermeer ,tetapi masih banyak PR yang harus lebih ditingkatkan lagi.

"Tetapi yakin dengan semangat HIPMI apa yang di cita citakan akan tercapai asal fokus dan mau bekerja keras," ujarnya.

Salah satu contohnya yang paling simpel yaitu di pinggiran pantai yang harus lebih di-manage, karena masih terlihat berantakan, kata Leendert Noordermeer.

Jadi tidak hanya terfokus terhadap tourism saja, tetapi juga harus melihat warga Indonesia yang jumlahnya sekitar 250 juta penduduk.

"Itu PR kita yang tentunya bisa menjadi potensi market, tidak hanya untuk turis saja tapi juga para wiraswasta,"jelasnya.

Apalagi tujuannya Pangandaran menjadi Destinasi mendunia, jadi harus berpikir luas karena Pangandaran memiliki potensi yang cukup besar untuk pasar kita sendiri.

Di tempat yang sama Ketua BPC HIPMI Kabupaten Pangandaran Shenna Rizkantya pun mengatakan, banyak potensi di Pangandaran untuk memajukan dunia pariwisata. karena, memang UMKM dan pariwisata ini saling berkaitan.

"Ini peluang kita dan nanti akan mengusulkan dahulu terkait program - program kedepannya untuk mendatangkan ahli di bidang pariwisata,"ungkap Sena.

Terlebih Pangandaran ini bertujuan menjadi destinasi berkelas dunia, tentunya selain SDM, bidang bisnis disini sudah mulai bergeser ke digital dalam segala bidang pengemasan, pemasaran dan e-commerce.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Pangandaran Tedi Garnida mengatakan sangat terbuka dengan berbagai upaya anak muda di Pangandaran untuk membuka berbagai peluang usaha.

“Apalagi para kelompok pengusaha muda ini atau HIPMI dapat memberikan peluang usaha yang lebih banyak. Tentu kami terbuka untuk hal itu,” pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut