get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Sampah Kiriman Rusak Keindahan Pantai Pangandaran

Mix Crabbys Aneka Makanan Laut yang Diolah Menjadi Satu, Digemari Para Penikmat Kuliner

Sabtu, 25 November 2023 | 19:15 WIB
header img
Mix Crabbys Aneka Makanan Laut yang Diolah Menjadi Satu, Digemari Para Penikmat Kuliner. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN. iNewsPangandaran.id - Kabupaten Pangandaran Jawa barat bukan saja terkenal dengan pantai nya yang eksotis, tetapi kulinernya pun tak kalah menarik. Salah satunya makanan laut Mix Crabbys, kuliner dari berbagai hasil laut atau seafood yang diolah menjadi satu hidangan, selain rasanya yang lezat, bumbu dari campuran rempah-rempah nya pun memanjakan lidah.

Mix Crabbys ini menu andalan rumah makan Teh Desi yang berada di kawasan Objek Wisata Pantai Pangandaran, tepatnya unjung tol pintu masuk pantai barat Pangandaran.

Mix crabbys banyak digemari penikmat kuliner, Mix crabbys juga merupakan menu masakan spesial, harganya pun cukup terjangkau oleh semua kalangan.

Mix crabbys adalah kuliner dari aneka hasil laut atau seafood yang diolah menjadi satu hidangan, diataranya ada udang, cumi, kepiting, aneka kerang dan jagung sebagai pengganti nasinya. Mix Crabbys diberi bumbu dari rempah - rempah yang khas, diantaranya cabe rawit, cabe merah, bawang daun, bawang bombay dan saus racikan khas Teh Desi sang owner.

Proses memasak Mix Crabbys, pertama aneka hasil laut ini dicuci dengan menggunakan air bersih yang mengalir, lalu setelah dicuci dilanjutkan untuk rebus. Sambil menunggu matang, meracik bumbu dari rempah-rempah yang sudah disiapkan, setelah matang lalu ditiriskan.

Selanjutnya masak bumbu yang sudah diracik tadi ke dalam wajan, ditambah bawang bombay dan saus, setelah menyatu lalu aneka hasil laut yang sudah direbus dimasukan kedalam bumbu hingga menyatu dan diberi bawang daun lalu cabe merah hingga siap untuk dihidangkan.

Cara penyajian nya pun unik, Mix Crabbys disajikan langsung di atas meja yang sudah diberi alas plastik, hal ini menciptakan sebuah kebersamaan, makan bersama keluarga kerabat juga teman.

Pemilik Rumah Makan (Owner) Desi Astristin mengatakan, olahan Mix Crabbys ini paling banyak diminati dan menjadi unggulan di Rumah makan miliknya.

"Untuk tingkat kepedasannya pun bisa menyesuaikan sesuai dengan permintaan pelanggan dari mulai sedang sampai pedas, asam manis, saus tiram dan saus mentega," ucapnya.

Menurutnya, untuk Seafoodnya pun di dapatkan dalam keadaan masih segar dan langsung dari para nelayan.

"Kami memiliki racikan sendiri dari sausnya dan ditambah bumbu - bumbu lainnya," ujarnya.

Dan untuk harganya pun kata Desi, standar, terjangkau, dari mulai 100 ribu hingga 600 ribu rupiah sesuai jumlah orang yang akan makan.

Sedangkan untuk pelanggannya lebih banyak dari luar Kabupaten Pangandaran, luar kota hingga luar Jawa karena warung makan nya berada di lokasi wisata Pantai Pangandaran.

"Yang paling diutamakan tentu adalah citarasa karena itu no 1, dan untuk konsepnya pun lebih ke alami biar pengunjung nyaman di saat menyantap atau makan," ujar Desi.

Sementara itu Aty Wisatawan asal Subang mengatakan, dirinya pecinta makanan seafood dan paling tahu tentang rasa.

" Seperti yang saat ini saya makan, untuk rasanya enak, dan rasanya sangat pas cocok di lidah," jelasnya.

Yang menjadi beda tambah Aty, dari mulai citarasa yang khas yaitu dari sausnya dan sangat cocok di lidah, pedasnya pun pas seperti di hotel bintang 5. 

"Harganya pun terjangkau bagi semua kalangan, tidak sampai menguras dompet," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut