get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

Profil Susi Pudjiastuti: Putri Asli Pangandaran yang Sukses, Mantan Menteri KKP dan Pemilik Susi Air

Senin, 17 Juli 2023 | 10:53 WIB
header img
Susi Pudjiastuti, putri asli Pangandaran yang suskes jadi pengusaha dan pejabat. Foto: SINDOnews

2. Menteri Kelautan dan Perikanan 

Pada 27 Oktober 2014, Susi Pudjiastuti diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. 

Di bawah kepemimpinannya, Susi berkomitmen untuk melindungi sumber daya kelautan Indonesia dan memerangi praktik penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia. 

Ia juga gencar melakukan kampanye tentang pentingnya konservasi laut dan menggalakkan program restocking (penyadapan) ikan untuk melestarikan keanekaragaman hayati laut Indonesia.

Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dikenal dengan keputusasaannya dalam melaksanakan kebijakan penenggelaman kapal asing yang tertangkap melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia. 

Tindakan ini menarik perhatian dunia internasional dan menjadi bukti komitmennya untuk melindungi perikanan Indonesia.

3. Penghargaan dan Pengakuan 

Susi Pudjiastuti telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas karyanya di bidang bisnis dan pekerjaan pemerintahannya. Salah satu penghargaan prestisius yang diterimanya adalah Penghargaan "Champion of the Earth" dari PBB pada tahun 2019 untuk upayanya dalam melindungi sumber daya kelautan dan perikanan.

Meskipun terkenal karena kepemimpinannya yang tegas dan kontroversial, Susi Pudjiastuti juga diakui sebagai sosok yang sangat berpengaruh dan inspiratif dalam mendorong kesadaran akan pentingnya konservasi laut dan pemanfaatan sumber daya kelautan secara berkelanjutan di Indonesia.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut