get app
inews
Aa Read Next : Harta Kekayaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Capai Rp19,3 M Tak Punya Utang, Ini Rinciannya

Nasib Rafael Alun 10 Tahun Jadi Pegawai Pajak Kumpulkan Rp500 M, Kini Dipecat Tanpa Uang Pensiun

Kamis, 09 Maret 2023 | 06:45 WIB
header img
Nasib nahas Rafael Alun 10 tahun jadi pegawai pajak kini dipecat tanpa uang pensiun sepeser pun. Foto: mpi

Selama 10 tahun menjadi pegawai pajak, pada tahun 2021 Rafael Alun melaporkan harta kekayaannya ke LHKPN sebanyak Rp56 miliar. Menariknya, angka tersebut beda tipis dari total harta kekayaan milik Menkeu Sri Mulyani yakni sebesar Rp58 miliar.

Namun KPK bersama PPATK menemukan sejumlah kejanggalan terhadap aharta kekayaan Rafael Alun. Di dalam rekening ayah Mario Dandy, PPATK menemukan adanya uang lebih Rp500 miliar.

"Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya D/K (Debit/Kredit) lebih dari Rp500 miliar dan kemungkinan akan bertambah," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Maka dari itu, 40 rekening milik Rafael Alun pun langsung dibekukan dan diblokir. Bahkan, PPATK juga memblokir rekening milik istri Rafael, Ernie Meike Torondek, dan anak-anaknya termasuk Mario Dandy.

Selain itu, PPATK memblokir rekening milik konsultan pajak. Diduga, ada indikasi pencucian uang yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo. PPATK juga menmukan.transaksi dalam jumlah besar di rekening konsultan pajak terkait dengan Rafael Alun. 

Namun, Ivan enggan membongkar lebih rinci terkait indikasi transaksi janggal tersebut,

Selain PPATK, KPK menemukan ketidakwajaran antara harta kekayaan bernilai fantastis milik Rafael Alun dengan profilnya sebagai eselon III di DJP Kemenkeu.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut