get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

Pemilihan Duta Baca Pangandaran Tahun 2023 Telah Dibuka, Ayo Buruan Cek Persyaratannya

Minggu, 29 Januari 2023 | 23:53 WIB
header img
Pemilihan duta baca Pangandaran 2023. ( Foto: iNewsPangandaran.id/ist)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Pemilihan Duta Baca Pangandaran tahun 2023 kini sudah dibuka. Persiapkan diri anda untuk menjadi beranda terdepan gerakan literasi di Pangandaran dari usia 18 hingga 23 tahun.

Pemilihan Duta Baca Pangandaran ini diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran dalam meningkatkan budaya membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran Tatang Suherman mengatakan, ajang pemilihan duta baca ini bentuk upaya meningkatkan budaya membaca masyarakat.

"Mereka yang terpilih, nantinya akan menjadi duta baca Pangandaran, bakalan menjadi role model sebagai ikon penggerak literasi di daerah, ini menjadi kesempatan bagi warga masyarakat Pangandaran," ucapnya.

Ajang pemilihan duta baca Pangandaran ini, kata Tatang, diselenggarakan setiap tahun yang dibantu oleh Paguyuban Duta Baca Pangandaran.

"Duta baca Pangandaran diharapkan bisa mendongkrak gerakan literasi dan peningkatan budaya membaca di berbagai bidang literasi," ujar Tatang.

Para duta baca Pangandaran yang terpilih, nantinya bisa menjalankan tugas selama satu tahun dalam sosialisasi budaya gemar membaca.

"Dan terus berkelanjutan, Untuk 1 pasang pemenang Duta Baca Pangandaran terpilih akan mengikuti pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023," tuturnya.

Pihaknya sangat bersyukur karena selama 3 tahun terakhir duta baca Pangandaran telah masuk 10 besar, bahkan hingga meraih juara.

"Pada tahun 2020 ada Aldi dan Ade yang memenangkan harapan 2 dan harapan 1 Duta Baca Jawa Barat, tahun 2021 Annisa Safira masuk finalis Duta Baca Jawa Barat dan tahun 2022 Aden Juara Favorit dan Alfi Juara 2 Duta Baca Jawa Barat," jelasnya.

Untuk di tahun 2023 ini harus menjadi semangat baru dan tantangan untuk duta baca Pangandaran agar tetap mendulang juara.

Di tempat berbeda Ketua Paguyuban Duta Baca Pangandaran Aldi Nur Fadilah mengatakan, untuk target pada pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023 tentunya mempertahankan masuk 3 besar dan juara favorit.

"Dari tahun ke tahun harus ada peningkatan, tapi saya realistis saja, target kita di 3 besar dan juara favorit," tuturnya.

Kemenangan tahun kemarin menjadi modal utama kita untuk percaya diri dan mempelajari catatan dalam setiap seleksi.

"Untuk pemilihan duta baca Pangandaran 2023 ini saya harapkan ada banyak pemuda-pemudi terbaik yang bisa memberikan kontribusi gerakan literasi daerah," ucapnya.

Untuk Persyaratan Pemilihan Duta Baca Pangandaran Tahun 2023 diantaranya:

1. Syarat Administrasi

Usia 18 – 22 tahun pada saat pendaftaran.

Mengisi Formulir pendaftaran di: https://bit.ly/PendaftaranDutaBacaPnd2023

Domisili Kabupaten Pangandaran (Scan KTP/Kartu Pelajar)

Foto close up dan seluruh badan memakai baju lembaga masing-masing.

Menjadi anggota perpustakaan Kabupaten Pangandaran (Scan)

Membuat Resume Buku Dengan Ketentuan :

- Maksimal 300 Kata - Menyebutkan Judul, Pengarang, Penerbit (Kota Terbit, Nama Penerbit, dan Tahun Terbit)

- File berbentuk PDF dengan penulisan nama

 - RESUME_NAMA CALON FINALIS_ASAL KECAMATAN

Membuat Karya Tulis Dengan Judul “Literasi Digital dalam Melawan Tsunami Informasi”.

Dengan Ketentuan :

-Huruf Times New Roman

- Ukuran 12

- Spasi 1,5

- Ukuran Kertas A4

- Karya Tulis 600

-1000 kata

- File berbentuk PDF dengan penulisan nama :  KARYATULIS_NAMA CALON FINALIS_ASAL KECAMATAN

Daftar Riwayat Hidup (Cv Terbaru) Mengunggah Video Profil Berisikan Biodata Singkat, Alasan Mengikuti Duta Baca dan Harapan Untuk Literasi di Pangandaran.

Video tersebut digamit ke @dispusip.pangandaran dan @dutabaca.pangandaran dengan tagar #PemilihanDutaBacaPangandaran2023

2. Syarat Softskil

Memahami peran dan fungsi perpustakaan. Memahami kegiatan literasi, mempunyai kredibilitas, kapabilitas, dan diterima oleh masyarakat.

Komunikatif, kreatif, dan bersikap dinamis. Berkepribadian baik dan bertanggung jawab serta patut diteladani.

Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota pada kegiatan politik praktis. Sanggup menyiapkan waktu untuk kepentingan Duta Baca Kabupaten Pangandaran.

Memiliki komitmen untuk memajukan paguyuban duta baca Kabupaten Pangandaran.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut