get app
inews
Aa Read Next : Terbujuk Menjadi PNS, Korban Tertipu Rp 40 Juta

Hanya Menggunakan Sebuah Pensil, Seniman Asal Pangandaran Mampu Menciptakan Karya yang Luar Biasa

Senin, 12 Desember 2022 | 19:48 WIB
header img
Lasimin tidak pernah mengikuti kelas seni namun otodidak dan terus belajar. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Irfan ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNews.id - Meskipun hanya bermodalkan pensil, seorang seniman di Pangandaran Jawa barat mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Bahkan ia kebanjiran orderan dari berbagai daerah setelah hasil karya nya tersebut dibagikan melalui akun media sosial milik nya.

Dialah Lasimin (46) warga jl.Pengadilan lama RT 01 RW 09 Dusun Parapat Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran, ia seorang seniman lukis Pencil Art, semua karya-karya nya tersebut nampak realistik dan hidup.

Untuk menghasilkan satu buah lukisan ayah anak satu ini butuh kesabaran juga keuletan, dan bisa kita tebak hasilnya, lukisan karya Lasimin mampu membuat kita berdecak kagum.

Lasimin tidak pernah mengikuti atau belajar kelas seni, namun ia memiliki bakat yang luar biasa sejak lahir (Otodidak), hanya bermodalkan pensil graphite dan kertas Canson, ia mampu menghasilkan karya bak sebuah hasil jepretan kamera, hasil lukisannya tersebut nampak nyata dan detail.

Seniman berbakat asal Pangandaran ini mendapatkan ide dari sesuatu yang ada disekitarnya. Dalam mengerjakan sebuah karya, ia melakukan nya dalam seminggu hingga dua minggu, hasil karyanya tak kalah dari seniman-seniman ternama.


Inilah karya Lasimin, nampak nyata dan detail ( Foto: iNewsPangandaran.id/Lasimin)

Lasimin mengaku mulai menggeluti pencil art sejak tahun 2012, karya pertama nya sketsa wajah anak semata wayang nya.

" Mulai mendalami seni lukis ini tahun 2012 , saat itu saya menggambar wajah anak saya, dengan pensil graphite diatas kertas Skatebook Kiky ukuran A3," tuturnya.

Menurut nya , sejak saat itu ia terus berlatih dan menghasilkan karya-karya, dan karyanya tersebut ia bagikan melalui media sosial (Facebook) miliknya.

" Alhamdulillah setelah dibagikan melalui facebook saya, saya kebanjiran order. Banyak yang ingin dilukis sketsa wajah," ucapnya.

Untuk satu gambar ia hargakan Rp. 450 ribu , tergantung kerumitan, paling mahal hasil gambarnya 1,2 juta rupiah.


Inilah beberapa karya Lasimin. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Lasimin)

" Kalau harga tergantung dari kerumitan nya, dari harga 450 ribu hingga 1,2 juta, saya tak terlalu mematok harga, dan untuk orderan saya menggunakan kertas Canson, alasannya kelebihan kertas Canson lebih tebal dan bertekstur " katanya.

Yang terakhir kemarin-kemarin lanjut Lasimin, dirinya open donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur, ia menjual tiga lukisan, dimana uang nya tersebut ia sumbangkan.

"Alhamdulillah laku, tiga lukisan tersebut sketsa wajah KH. Maimun Zubair, Habib Lutfhi dan Habib Umar," ujarnya.

Ia berharap kelak bisa memiliki galeri sendiri, agar bisa memajang semua karya-karyanya. Apalagi ia bermukim di kawasan Objek wisata Pantai Pangandaran, tentunya akan banyak wisatawan yang akan melihat langsung hasil karyanya, pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut