get app
inews
Aa Read Next : Gempa Garut, Tidak Berpengaruh Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran

12 Gempa Terdahsyat di Indonesia, Sampai Sebabkan Tsunami Tewaskan Ratusan Ribu Orang

Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:14 WIB
header img
Gempa Aceh yang menimbulkan tsunami 26 Desember 2004  (foto: Suara Merdeka)

Jakarta, iNews.id - Gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba. Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terkena gemba bumi terdahsyat.

Hal ini disebakan oleh posisi Indonesia yang terletak di wilayah cincin api Asia Pasifik.

Bahkan dari beberapa gempa bumi terdahsyat yang terjadi di Indonesia ini sampai menyebabkan tsunami.

Ditambah lagi Indonesia merupakan negara maritim yang dikelilingi oleh laut, sehingga rentan untuk terjadinya tsunami.

Berikut gempa bumi terdahsyat di Indonesia

1. Gempa Manado

Kota Manado pernah diguncang gempa dahsyat berkekuatan 8,0 skala Richter pada tahun 1837. Gempa ini juga disertai dengan gelombang tsunami yang dahsyat setinggi 20 meter.

2. Gempa Biak

Pada tahun 1996, terjadi gempa dahsyat di wilayah Utara Papua dengan kekuatan 8,2 skala Richter. gempa ini terjadi dari Biak dengan kedalaman 20 meter dan disertai gelombang tsunami setinggi 7 meter.

3. Gempa Padang

Di tahun 1979, terjadi gempa dengan kekuatan 8,4 skala Richter di pesisir barat Pulau Sumatera dan menimbulkan gelombang tsunami 5 - 10 meter. Gempa dan gelombang tsunami ini menghantam penduduk Padang Sumatera

4. Gempa Bengkulu dan Mentawai

Tahun 2007, tepatnya pada tanggal 12 September terjadi gempa dahsyat yang mengguncang Bengkulu dan Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Gempa yang disebabkan oleh segmen Enggano ini berkekuatan 8,4 skala Richter.

5. Gempa Nias

Pada tahun 2005, Sumatera kembali diguncang oleh gempa bumi dahsyat yang terjadi di Pulau Nias. Gempa ini berkekuatan 8,7 skala Richter namun tidak disertai dengan gelombang tsunami meskipun sempat munculnya peringatan akan adanya gelombang tsunami muncul.

6. Gempa Aceh


Gempa Aceh yang menimbulkan tsunami 26 Desember 2004  (foto: Suara Merdeka)

Daftar Gempa Terdahsyat di Indonesia berikutnya yaitu gempa yang terjadi di Aceh pada tahun 2004. Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi gempa dengan kekuatan 9,3 skala Richter. Gempa ini juga menimbulkan gelombang tsunami setinggi 30 meter.

Jumlah korban meninggal dunia dari peristiwa gempa bumi dan tsunami Aceh itu disebut mencapai 227.898 jiwa.

7. Gempa Pangandaran

Bertepatan pada tanggal 17 Juli 2006, giliran Pulau Jawa yang diguncang oleh gempa yang dahsyat. Gempa ini berkekuatan 7,7 Magnitudo dan disertai gelombang tsunami setinggi 21 meter.

8. Gempa Yogyakarta

Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta ini pada Mei 2006, merupakan peristiwa gempa bumi tektonik kuat. Gempa tektonik ini berkekuatan 6,3 skala Richter dan terjadi selama kurang lebih 57 detik.

9. Gempa Banten

Banten dulunya juga pernah dilanda oleh gempa dahsyat dengan kekuatan 9,0 skala Richter.  Gempa ini terjadi pada tahun 1699 dan termasuk kedalam catatan gempa terkuat yang pernah mengguncang pulau Jawa.

10. Gempa Donggala

Penurunan harga minyak goreng curah menjadi perhatian khusus Menteri Perdagangan (Mendag) RI  Zulkifli HasanGempa bumi terdahsyat di Indonesia berikutnya terjadi di Kabupaten Donggala. Gempa ini terjadi secara berkali-kali dengan gempa terkuat 7,4 skala Richter. Gempa ini juga memicu terjadinya gelombang tsunami setinggi 1,5 sampai 3 meter.

11. Gempa Pariaman 

Pada tahun 1833, terjadi gempa besar yang mengguncang daerah Pariaman. Gempa ini berkekuatan 9,2 skala Richter dan termasuk gempa terbesar ketiga yang terjadi di sepanjang sejarah Indonesia.

12. Gempa laut Banda

Gempa ini merupakan gempa terdahsyat sepanjang sejarah Indonesia. Gempa yang mengguncang Maluku khususnya Pulau Saram dan Pulau Ambon berkekuatan 9,8 skala Richter. Gempa laut Banda ini juga menyebabkan gelombang tsunami setinggi 15 meter.

Itu tadi daftar gempa terdahsyat di Indonesia dan beberapa diantaranya juga diikuti dengan gelombang tsunami.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut