get app
inews
Aa Read Next : Ling ling dan UE Lakukan Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Pada Hari Yang Sama

Warga di Batuhiu Gelar Tradisi Ruat Jagat Sila Saamparan

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 19:48 WIB
header img
Masyarakat Desa Ciliang gelar tradisi Ruat Jagat Sila Saamparan ( Foto: iNewsPangandaran.id/Irfan ramdiansyah)

Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan menghadiri Tradisi Ruat Jagat Sila Saamparan ( Foto: iNewsPangandaran.id/Irfan ramdiansyah)

" Yang diharapkan, wisatawan yang datang ke Pangandaran, wisatawan dari mancanegara. Artinya itu akan menjadi sumbangan devisa bagi negara," ujar Endin.

Untuk itu , Ujang Endin Indrawan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kearifan lokal Batuhiu Culture Festival ini. Diharapkan nanti, kearifan-kearifan lokal yang ada di Desa Ciliang ini bisa dipertahankan, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri.

Sementara itu tokoh budaya setempat Rangga mengatakan, Ruat Jagat Sila Saamparan ini salah satu tradisi yang ada di Batuhiu Desa Ciliang, merupakan wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas rahmat dan nikmat yang sudah dirasakan oleh masyarakat.

" Ruat artinya nguatkeun ngarawatan, nguatkeun hate nguatkeun iman tur katakwaan. Sila Saamparan ini merupakan perlambang, budaya itu tidak terlepas dari falsafah, artinya tidak ada rakyat tidak ada pejabat semua duduk sama rata," tuturnya.

Sedangkan Dongdang menurut Rangga, Dongdang itu isinya berbagai makanan, terutama makanan dari hasil bumi dari masyarakat sekitar.

" Sehingga kami disini cucurak makan bersama, sebagai wujud gotong royong,wujud kebersamaan, karena budaya itu sangat kaya dengan falsafah kehidupan," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut