Tingginya Potensi Gempa dan Tsunami di Pangandaran, BMKG Jabar Lakukan Simulasi

Eris Riswana
Tingginya Potensi Gempa dan Tsunami di Pangandaran, BMKG Jabar Lakukan Simulasi. ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

"Kita tidak ingin terulang dengan peristiwa di tahun 2006 lalu, dengan kesiapsiagaan yang kurang dan itu menjadi pelajaran,"ujarnya.

Ia pun menambahkan, harus benar benar menguji kemampuan BPBD dengan merespon informasi gempa, bagaimana menyampaikan kepada steak holder, pemerintah daerah, dengan mengambil keputusan terkait evakuasi harus kemana dan bagaimana masyarakat demi zero viktim.

Di tempat yang sama Kordinator Unit Darurat dan Logistik BPBD Pangandaran Erik Wahyono mengatakan, ada dua teknik yang dilakukan dalam simulasi tersebut yaitu di dalam gedung dan diluar gedung. Banyak adegan yang dilakukan agar lebih memahami di saat terjadi gempa ataupun tsunami nantinya.

"Dengan mencari meja atau kursi yang kuat dan masuk kedalamnya atau bisa mendekati pinggir tembok beton dengan menempelkan badan,"ungkapnya.

Setelah di rasa gempa sudah aman, kata Erik, langsung berlari ke titik kumpul sementara sesuai dengan intruksi arahan petugas.

Sementara itu salah satu peserta simulasi Ade Kasmana mengatakan, dengan adanya simulasi gempa dan tsunami ini sangat penting dan bermanfaat bagi khalayak umum.

"Seperti masyarakat awam, yang namanya musibah tidak melihat orang pintar, atau tidak pintar,"imbuh Ade.

Mudah mudahan dengan adanya simulasi ini menjadi pembekalan buat masyarakat untuk antisipasi, paling tidak dengan pembekalan ini bisa meminimalisir angka musibah korban dari dampak musibah tersebut.

"Pangandaran dulu tahun 2006 sempat terjadi tsunami dan saya pun berada di tepian pantai dan masih bisa selamat hingga saat ini,"ujarnya.

Semua pihak terkait berjibaku saat itu hingga sekarang terus melakukan pembinaan - pembinaan hingga. "Setelah mendapatkan pembekalan, saat terjadi harus tetap tenang, waspada dan konsentrasi," pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network