get app
inews
Aa Read Next : RSUD Pandega Gelar Pencanangan Pembangunan Menuju WBK dan WBBM

Libur Nataru, RSUD PANDEGA Siapkan Pelayanan Kesehatan Bagi Wisatawan

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:14 WIB
header img
Libur Nataru, RSUD PANDEGA Siapkan Pelayanan Kesehatan Bagi Wisatawan . ( Foto: iNewsPangandaran.id/Eris Riswana)

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Berikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan saat berlibur panjang di momen libur sekolah, natal dan tahun baru 2024, RSUD Pandega Pangandaran siap siagakan Pelayanan Kesehatan di sejumlah titik di Pangandaran.

Para petugas medis disiagakan di sejumlah titik lokasi wisata demi menjaga terjadinya kejadian laka lantas ataupun laka laut di kawasan objek wisata pantai di Pangandaran.

Tenaga kesehatan yang terlibat diantaranya dari masing - masing Puskesmas se Kabupaten Pangandaran dan RSUD Pandega Pangandaran.

Kabid pelayanan kesehatan Medis di RSUD Pandega Pangandaran dr Liza Octa Ferrostina mengatakan, persiapan pelayanan kesehatan di momen libur panjang Nataru pihaknya sesuai hasil rapat koordinasi lintas sektoral dan siap siagakan di sejumlah titik lokasi wisata pantai dan jalur arteri.

"Ada petugas kesehatan P3K dari Puskesmas yang bertugas di kawasan objek wisata di Kabupaten Pangandaran," Ucapnya saat di hubungi melalui WhatsAap, Rabu 27 Desember 2023.

Menurutnya, apabila ada kejadian - kejadian di objek wisata misalnya ada wisatawan yang sakit atau menjadi korban laka laut, itu yang menangani pertama adalah tim P3K bersama Basarnas dan stakeholder lainnya.

Setelah itu, kata Liza, dari posko P3K akan dirujuk ke RSUD Pandega Pangandaran yang didampingi petugas kesehatan dan lainnya.

"Kami di RSUD Pandega Pangandaran siap menerima rujukan baik itu dari lokasi kejadian wisata, Puskesmas atau dari manapun yang memang pasiennya perlu dirujuk," Ujarnya.

Lanjut Liza, selalu siaga 24 jam dan walaupun bukan momen libur Nataru kita di IGD selalu siap siaga 24 jam.

"Jadi walaupun di momen hari libur, pihaknya di RSUD Pandega Pangandaran sama sekali tidak ada libur, selama libur panjang natal dan tahun baru ini, RSUD Pandega Pangandaran hanya poli rawat jalan saja yang libur," Jelasnya.

Dan untuk IGD, untuk kamar bersalin, kamar operasi itu siaga 24 jam.

"Jadi apakah pasien tersebut perlu dioperasi atau apa pun itu penanganannya tinggal berkonsultasi dengan dokter yang memang siaga ketika dibutuhkan,"ujarnya.

Sementara untuk mekanisme pelayanan, pihaknya tidak bisa jemput pasien ke luar RSUD Pandega Pangandaran. RSUD Pandega Pangandaran, hanya menerima rujukan ketika ada pasien dari Puskesmas yang perlu dirujuk.

Jika ada kejadian di kawasan objek wisata, RSUD PANDEGA menerima apapun kondisi pasiennya mau itu dari kejadian laka laut ataupun laka lantas.

"Untuk pasien dengan kriteria gawat darurat, bisa datang langsung ke IGD RSUD Pandega Pangandaran. Adapun kriteria gawat darurat diantaranya mengancam nyawa, adanya gangguan pada jalan nafas dan adanya penurunan kesadaran," Pungkasnya.

Editor : Irfan Ramdiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut