get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Lebih Dekat Dr Triadi RD, Salah Satu Figur yang Akan Maju di Pilkada Pangandaran 2024

Sabar Adalah Pilihan Sikap Mulia, Ibadah yang Paling Luhur Membawa ke Surga

Senin, 04 Desember 2023 | 14:41 WIB
header img
Sabar memiliki peran krusial dalam kehidupan. Allah Ta'ala  memberikan cobaan kepada setiap individu dalam perjalanan hidupnya. Foto:Okezone/ Unsplash

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id  - Sabar memiliki peran krusial dalam kehidupan. Allah Ta'ala  memberikan cobaan kepada setiap individu dalam perjalanan hidupnya.

Cobaan ini diberikan untuk memperkuat iman dan ketakwaan mereka kepada Allah Ta'ala Tuhan. Semua makhluk akan mengalami cobaan yang mengandung pelajaran tentang kesabaran.

Dalam QS. Az-Zumar ayat 10, Allah Ta'ala berfirman bahwa "Hanya mereka yang sabar yang akan mendapat pahala yang tak terhingga."

Sementara Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam (SAW) menyatakan:

"Tidak ada satu penderitaan pun yang lebih dicintai oleh Tuhan daripada penderitaan yang ditahan dengan sabar, untuk mencari keridhaan Tuhan." (Hadis riwayat Imam Ahmad dan Imam At-Thabarani dari sahabat Ibnu ‘Umar R.A)

Sabar berarti menahan diri dari perbuatan negatif seperti kemarahan, prasangka buruk, dan kecemasan. Menghadapi masalah dengan kesabaran adalah bentuk pengabdian kepada Tuhan.

"Kita harus siap menghadapi cobaan dalam hidup. Dan jika kita mampu menjalani cobaan dengan sabar, itu merupakan ibadah yang luhur yang dapat membawa kita ke surga," kata Ustaz Dr. Firanda Andirja, Lc, MA dalam video di Youtube Taman Surga dikutip pada Senin (4/12/2023).

Sebagai hamba yang beriman, mengamalkan kesabaran dengan segala kelebihannya adalah bukti dari kepercayaan yang kokoh kepada Tuhan. Harapan akan keridhaan dan berkah-Nya adalah kunci utama untuk tetap sabar.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Pangandaran di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut